Analisis Implementasi Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Elemen Desain Permodelan Bangunan di SMKN 1 Sidoarjo

Authors

  • Nirmala Septiantika Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Soeparno Soeparno Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka di dalam sekolah menjadi tantangan yang harus dihadapi dari siswa dan
juga guru. Modul ajar yang sebelumnya adalah bahan ajar siswa guna mempermudah dalam mempelajari
serta mendalami materi, pada kurikulum merdeka modul ajar diubah menjadi sebuah perangkat
pembelajaran pegangan guru. Oleh sebab itu, perbedaan yang signifikan tersebut memberikan dampak
yang mana kurangnya persiapan serta pemahaman guru dalam menyusun modul ajar berbasis kurikulum
merdeka. Modul ajar menjadi istilah terbaru pada RPP, akan tetapi adanya perbedaan dengan signifikan
untuk isi dari bahan ajar terhadap RPP. Penelitian ini merumuskan kelayakan, keterlaksanaan
pembelajaran, serta respon siswa yang ditinjau dari pengimplementasian modul ajar berbasis kurikulum
merdeka yang dimanfaatkan sebagai pedoman guru dalam pembelajaran. Hasil penelitian berupa kelayakan
modul ajar disebut sangat valid dalam rerata 80%, keterlaksanaan pembelajaran yang ditinjau dari
pembelajaran di dalam kelas dinyatakan sangat baik dengan rerata 83%, dan respon siswa dinyatakan
sangat efektof dengan rerata 86%. Oleh karena itu, mampu diperoleh kesimpulan mengenai modul ajar
berbasis kurikulum merdeka layak diimplementasikan dalam pembelajaran elemen desain permodelan
bangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-13

Issue

Section

Article
Abstract views: 88 , PDF Downloads: 398