PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ISPRING SUITE BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMKN 2 SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan media pembelajaran, evaluasi media pembelajaran, efektivitas media pembelajaran, dan tanggapan siswa terhadap media iSpring Suite yang berbasis android dalam mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini respon peserta didik setelah menggunakan media iSpring Suite, menunjukkan bahwa rerata total respon 1 dan XII DPIB 2 SMK Negeri 2 Surabaya pada tahun pelajaran 2023/2024. Untuk mengumpulkan data, digunakan lembar validasi kelayakan media, angket respon, dan tes hasil belajar. Hal ini penelitian akan menganalisis kelayakan media pembelajaran, hasil belajar peserta didik, dan respon peserta didik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa evaluasi kelayakan media pembelajaran rata-rata mencapai 84% dan termasuk dalam kategori sangat layak. Sementara itu, media efektif pada nilai posttest kelas pengendali mencapai 62,42, sementara posttest kelas eksperimen mencapai 87,39 dan tergolong sangat efektif. Dari situ, dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan dalam hasil belajar antara siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penggunaan media pembelajaran interaktif iSpring Suite memiliki efektivitas yang lebih tinggi daripada metode konvensional. Dalam analisis respon peserta didik setelah menggunakan media iSpring Suite, menunjukkan bahwa rerata total respon dari semua aspek adalah 81% dan dianggap sangat-baik.
Downloads
