Hubungan Kelengkapan Fasilitas dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMKN 1 Kemlagi dalam Mata Pelajaran APLPIG Jurusan DPIB

Authors

  • Trias Kusuma Nugraha Universitas Negeri Surabaya
  • Purwo Mahardi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dalam dunia pendidikan, kelengkapan fasilitas belajar dan minat belajar siswa memainkan peran penting dalam menentukan prestasi belajar siswa. Akan tetapi pada mata pelajaran APLPIG didapati siswa sering merasa bosan dan kurang memperhatikan pembelajaran sehingga hal tersebut mempengaruhi prestasi belajar siswa. Permasalahan itu didasari pada rendahnya minat belajar dan kurangnya fasilitas belajar di sekolah dan di rumah, khususnya fasilitas untuk menunjang mata pelajaran APLPIG. Tujuan penelitian untuk (1) mengetahui hubungan kelengkapan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa dalam mapel APLPIG, (2) mengetahui hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa dalam mapel APLPIG, (3) mengetahui hubungan kelengkapan fasilitas belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa dalam mapel APLPIG, digunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII DPIB. Sampel di penelitian ini yaitu siswa sejumlah 98 orang. Teknik yang dipakai untuk pengumpulan sampel ialah teknik total sampling. Metode mengambil data memakai lembar observasi atau checklist, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai yaitu analisis deskriptif presentase, analisis korelasi sederhana, dan analisis korelasi berganda. Penelitian menampakkan hasil, (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran APLPIG dibuktikan dengan  rhitung  (0,859)  > rtabel (0,1986), (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran APLPIG dibuktikan dengan nilai  rhitung (0,988) > rtabel (0,1986), (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran APLPIG dibuktikan nilai  rhitung (0,989) > rtabel (0,1986) dan  Fhitung (2103,503) > Ftabel (3,940).

Kata kunci: Prestasi Belajar, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Minat Belajar,  Korelasi, APLPIG, DPIB.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Article
Abstract views: 106 , PDF Downloads: 129