PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI BBt ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF JALAN RAYA DI SMK NEGERI 1 KEDIRI

  • RIFKI ARI BUDIARTO

Abstract

Penelitian yang telah dilaksanakan di kelas XI SMK Negeri 1 Kediri ini dilatar belakangi oleh kesulitan yang dialami siswa dalam memahami mata pelajaran produktif jalan raya sehingga hasil belajar menjadi tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pokok bahasan melaksanakan pekerjaaan jalan antara strategi belajar ekspositori dalam model pengajaran langsung terhadap dengan model pengajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah kelas XI sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-KKy sebagai kelas kontrol dan kelas XI-BBt sebagai kelas eksperimen.  

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quantitative experimental dengan desain Pretest Posttest Control Group design. Penelitian dimulai dengan memberikan pretest pada sampel penelitian, selanjutnya dilakukan kegiatan pembelajaran. Pada akhir kegiatan penelitian dilakukan posttest untuk mengetahui hasil belajar ranah kognitif siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t dari kelas eksperimen terhadap kontrol adalah t = 4,529, sedangkan nilai ttabel untuk uji kesamaan dua rata-rata (uji dua pihak) dengan taraf signifikan untuk penelitian pendidikan sebesar 0,05 adalah 2,020.

 Dari perbandingan nilai posttest, diperoleh bahwa thitung > ttabel dan dapat dinyatakan bahwa rata-rata hasil posttest kelompok eksperimen lebih baik dari pada rata-rata hasil posttest kelompok kontrol. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan terhadap hasil belajar siswa kelas XI BBt antara strategi pembelajaran ekspositori dalam model pengajaran langsung dengan model pengajaran langsung pada pokok bahasan melaksanakan pekerjaan jalan di SMK Negeri 1 Kediri. 

Kata kunci: strategi pembelajaran ekspositori, model pengajaran langsung, hasil belajar siswa dan melaksanakan pekerjaan jalan.  

 

 

Abstract

 

The research which has been conducted in class XI SMKN 1 Kediri was motivated by the difficulty experienced of student in understanding the roadway productive lesson so that the result of study are not optimal. This research is aims to know  the effect of  expository learning strategy in direct teaching model to student learning result on  the subject of  implement  road  work. The population of this research is class XI. While the sample in this research is class XI-KKy as the control class and class XI-BBt as the experimental class.

 This research is quantitative experimental with pretest posttest control group design The research has been started with giving a pretest to sample of research, then doing the learning activity. In the end of the research  activity has been done the posttest to know the result of study for cognitive student. The data of research has been analyzed  by using t-test. The result of t-test from the control experiment class is t = 4,529, while the value of t-table for the average two similarity test (two sides test) with significance degree for education research in the amount of  0,05 is 2,020.

 From the comparison of  the value obtainable that  t-count > t-table and it can be stated that the average result of  experimental group posttest was better than the average result of control group posttest. Thus it can be stated that there is difference student learning result in class XI BBt betwen expository learning strategy in direct teaching model with direct teaching model on the subject of implement road  work in SMKN 1 Kediri.

Keywords : expository learning strategy, direct teaching model, student learning result and implement road work.

Published
2014-01-07
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 26