Penerapan Model Pembelajaran Discovery Based Learning Siswa Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan pada Elemen Konstruksi Utilitas Gedung di SMK Negeri 1 Kediri

Authors

  • Arin Maulidya Pramurti State University of Surabaya
  • Nur Andajani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penerapan model pembelajaran discovery based learning dilatar belakangi oleh  perhatian siswa ketika menjalankan aktifitas belajar mengajar yang kurang, hal tersebut berpengaruh untuk hasil belajar siswa secara kurang serta berpengaruh siswa menjadi pasif juga dan pembelajaran menjadi monoton. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu dalam membantu siswa lebih aktif dalam pembelajaran serta untuk mengetahui adanya beda dari peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang dimanfaatkan merupakan Quasi Experiment Design Posttest-Only Control Design. Populasi sebanyak 202 siswa dan sampel sebanyak 65 siswa diambil dari kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Kediri.  Teknik pengumpulan data dengan instrumen tes berbentuk post-test serta angket  validasi. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar dengan materi struktur rangka atap pada siswa kelas eksperimen yang pembelajarannya memakai model discovery based learning terdapat rata-rata hasil post-test yaitu 91,97 untuk kelas kontrol terdapat nilai rata-rata 76,09. Perhitungan uji-t pada post-test thitung  (7.948) > ttabel (1.669) dengan Sig.(2-tailed) kurang dari 0,05 yakni 0,000 < 0,05 sehingga memiliki perbedaan pada kelas kontrol serta kelas eksperimen. Angket respon dari siswa sangat baik. Mampu diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan model discovery based learning bisa menambah serta meningkatkan hasil dari belajar siswa.

 

Kata Kunci: discovery based learning, hasil belajar,kelas eksperimen, kelas kontrol

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-04

Issue

Section

Article
Abstract views: 23 , PDF Downloads: 21