PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN MENGGAMBAR SISWA DPIB

Authors

  • Sundary Dyah Wardani Dyah Universitas Negeri Surabaya
  • Suparji Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jkptb.v10i2.64234

Abstract

Terdapat kendala yang sering dihadapi oleh pendidik diantaranya yaitu siswa yang malas, jemu, mengantuk di dalam kelas sehingga hal tersebut membuat siswa kurang paham dan terampil dalam bidang kejuruannya. Untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengadakan pemilihan model pembelajaran yang sesuai dan tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan keterampilan menggambar siswa dalam penggunaan model pembelajaran langsung (DI) dengan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) pada siswa dan (2) untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran berbasis proyek. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe Quasi experimental design, menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling dengan desain penelitian post-test only control design, sehingga sampel yang digunakan adalah kelas XII DPIB 2 dan kelas XII DPIB 3. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan Post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) hasil nilai keterampilan menggambar siswa kelas control dan eksperimen masing-masing mendapatkan 73,18 dan 84,18. (2) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil keterampilan menggambar siswa antara penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran langsung. (3) Hasil presentase respon siswa pada kelas eksperimen dalam bentuk angket diperoleh 89%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan menggambar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-13

Issue

Section

Article
Abstract views: 119 , PDF Downloads: 118