Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan e-LKPD Dan Tanpa e-LKPD Pada Mata Pelajaran Konstruksi Gedung Kelas XI DPIB Di SMKN 2 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/jkptb.v10i2.65449Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara menggunakan e-LKPD dan tanpa e-LKPD, serta mengetahui keterlaksanaan kegiatan pembelajaran antara menggunakan e-LKPD dan tanpa e-LKPD pada mata pelajaran Konstruksi Gedung kelas XI DPIB di SMKN 2 Surabaya. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental Posttest-Only Control Design. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar serta dilakukan observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian membuktikan bahwa adanya perbedaan pada hasil belajar antara siswa yang menggunakan e-LKPD dan siswa yang tanpa e-LKPD. Kelas eksperimen yang menggunakan e-LKPD memperoleh mean 83,60, sedangkan kelas kontrol memperoleh mean 71,73, dengan selisih rata-rata sebesar 11,87. Uji hipotesis menggunakan uji t mendapatkan nilai thitung 6,623 > ttabel 2,002, serta nilai Sig. 2 tailed 0,001 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan e-LKPD secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Gedung dalam elemen estimasi biaya konstruksi.
Downloads
Abstract views: 82
,
PDF Downloads: 60
