Pengembangan Job Sheet Berbasis Android Materi Prosedur Pekerjaan Konstruksi Beton di SMKN 1 Nganjuk

Authors

  • Suci Ning Tyas Universitas Negeri Surabaya
  • Gde Agus Yudha Prawira Adistana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jkptb.v11i1.66168

Abstract

Peningkatan kualitas belajar materi prosedur pekerjaan konstruksi beton memerlukan media pembelajaran dengan teknologi. Media belajar berbasis android adalah salah satu jenis media belajar yang sekarang semakin populer. Mempelajari materi yang berkaitan dengan keterampilan dasar penerapan prosedur pekerjaan konstruksi beton terus memberikan tantangan bagi banyak siswa. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan produk mengenai materi prosedur pekerjaan konstruksi beton melalui penggunaan job sheet berbasis android. Empat tahap utama dari model pengembangan 4-D didefinisikan sebagai berikut: Pendefinisian (define), yang mencakup proses analisis awal, analisis siswa, analis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Penyusunan garis besar media, pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal termasuk dalam tahap perancangan (design). Pengembangan (development) mencakup pengujian produk dan validasi ahli. Langkah distribusi media yang dikenal sebagai diseminasi telah dirancang sehingga banyak pihak yang membutuhkan media pembelajaran tersebut dapat menggunakannya. Ahli media dan ahli materi telah memvalidasi media pembelajaran ini. Hasil penelitian termasuk dalam katergori yang valid, hasil validasi ahli materi menerima nilai rata-rata 3,64. Nilai rata-rata sebesar 3,93 untuk validasi ahli media, sehingga termasuk dalam kategori valid. Menurut saran dari ahli materi dan ahli media, media pembelajaran ini dinilai layak untuk pengujian produk dengan perbaikan. Dengan demikian, media dapat digunakan untuk menguji coba peserta didik dengan hasil penilaian guru rata-rata sebesar 4,83 yang termasuk dalam kategori yang sangat valid.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Article
Abstract views: 36 , PDF Downloads: 71