Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Card Sort dengan Konvensional Pada Elemen Gambar Teknik

Authors

Abstract

Hasil belajar siswa yang kurang baik akibat minimnya partisipasi siswa dalam proses pendidikan yang membuat siswa pasif, gampang bosan, serta kurang fokus jadi pendorong riset ini. Masalah-masalah tersebut diperoleh lewat observasi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan hasil belajar siswa sehabis penggunaan paradigma pendidikan kooperatif Teams Games Tournament (TGT) serta menolong siswa supaya lebih ikut serta sepanjang proses proses belajar. Penelitian ini memakai desain posttest- only serta pendekatan quasy-experiment nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 60 siswa kelas X DPIB di SMKN 1 Kediri, yang sama dengan ilustrasi. Tes, observasi, serta angket digunakan untuk metode pengumpulan informasi. Sehabis pemakaian model TGT oleh kelas eksperimen serta model konvensional oleh kelas kontrol, hasil belajar dinilai memakai posttest. Nilai rata- rata posttest kelas eksperimen merupakan 86,2, sebaliknya nilai rata- rata kelas kontrol merupakan 76,67. Hasil uji- t menampilkan kalau t hitung t tabel, ialah t hitung (6,738), t tabel (2,001) yang berarti ada perbedaan model konvensional serta model kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Article
Abstract views: 19 , PDF Downloads: 33