KOMPARASI PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MODEL GREGORC DI SMKN 7 SURABAYA

  • YUSUF

Abstract

Gaya belajar siswa sering kali tidak diperhatikan oleh para pendidik dalam proses belajar mengajar, sehingga hal ini mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam menerima materi, khususnya dalam pelajaran menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil perbedaan prestasi belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMKN 7 Surabaya ditinjau dari gaya belajar model Gregorc yaitu sekuensial konkrit, sekuensial abstrak, acak abstrak dan acak konkrit pada mata diklat Dasar Kompetensi Keahlian sub kompetensi menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik.

Pada penelitian ini menggunakan metode komparasi ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 7 Surabaya dengan jumlah 83 siswa yang terbagi dalam 2 kelas, yaitu Teknik Gambar Bangunan (TGB) 41 siswa dan Teknik Batu Beton (TBB) 42 siswa, sedangkan sampelnya siswa kelas X TGB yang berjumlah 31 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Sample Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dan variabel terikat adalah gaya belajar siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner dan tes. Validitas instrumen tes dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus K-R 20. Angket/kuesioner menggunakan kuesioner tertutup yang diadaptasi dari buku Quantum Learning yang ditulis oleh Bobbi DePorter & Mike Hernacki, teknik analisis data menggunakan analisis varian klasifikasi tunggal (Anava tunggal/satu arah). Perhitungan dalam analisis dibantu dengan program software komputer statistic SPSS 17.0 for windows.

Hasil penelitian ini di dapatkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa masing-masing gaya belajar yaitu: a) gaya belajar Sekuensial Konkret (SK) sebesar 79.08 b) gaya belajar Sekuensial Abstrak (SA) sebesar 77.57, c) gaya belajar Acak Konkret (AA) sebesar 78.60, d) gaya belajar Acak Abstrak (AK) sebesar 66.67, di mana Fhitung (6.309) dan sig 0,02, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari dari gaya belajar model Gregorc pada pelajaran Teknik Gambar Bangunan di SMKN 7 Surabaya

Kata Kunci: gaya belajar Gregorc, prestasi belajar, kelas X TGB

Students' learning styles are often not noticed by the educators in the teaching and learning process , which invariably leads students have difficulty in accepting the material , especially in applying lessons Basics Drawing Techniques that affect student achievement . The purpose of this study was to determine the differences in student achievement is the result of class X Architecture Engineering SMKN 7 Surabaya in terms of learning style models ie Gregorc concrete sequential , abstract sequential , abstract random , and concrete random Ocular Basic Skills Competency training sub- competencies apply Basics Image techniques .

This study using a comparative method ex post facto . The population in this study were all students of class X SMKN 7 Surabaya by the number of 83 students were divided into two classes , namely Architecture Engineering ( TGB ) 41 students and Rock Engineering Concrete ( TBB ) 42 students , while the students of class X TGB sample totaling 31 students . Sample Sampling Random Sampling . The independent variable in this study was student achievement and the dependent variable is the student's learning style . Collecting data in this study was a questionnaire / questionnaires and tests . The validity of the instrument test item analysis performed by using the formula Product Moment Correlation and reliability testing using the KR 20 formula . Questionnaire / questionnaire using the enclosed questionnaire adapted from the book written Quantum Learning by Bobbi DePorter & Mike Hernacki , data analysis techniques using single classification analysis of variance ( ANOVA single / one way) . Assisted with the calculations in the analysis of statistical computer software program SPSS 17.0 for Windows .

The results of this study in get the average value of student achievement of each learning style : a ) Concrete Sequential learning style ( SK ) of 79.08 b ) Abstract Sequential learning style ( SA ) amounted to 77.57 , c ) Concrete Random learning style ( AA ) amounted to 78.60 , d ) Abstract Random learning style ( AK ) at 66.67 , where the F value ( 6,309 ) and sig 0.02 , then Ho is rejected and Ha accepted . Shows that there is a significant difference between learning styles on student achievement in terms of models of learning styles Gregorc in Architecture Engineering studies at SMK 7 Surabaya.

Keywords: Gregorc learning style, academic achievement, class X TGB.

Published
2014-05-14
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 308