PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUTOCAD 3D DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • ANDREAS WAHYU ADI

Abstract

Pada saat pembelajaran di SMK Negeri 5 Surabaya menunjukkan bahwa guru masih mengajar dengan menggunakan metode konvensional. Dari hasil wawancara kepada guru mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak pada pembelajaran awal sebelum dilaksanakan remidi, masih ada beberapa siswa yang belum mencapai KKM sebesar 70. Tujuan dari  penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran explicit instruction dengan media AutoCAD 3D dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Jenis eksperimen yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan model "Posttest only control design". Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 di SMK Negeri 5 Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI GB1 31 orang dan XI GB2 33 orang. Teknik analisis data untuk perangkat pembelajaran yang divalidasi dianalisis secara deskriptif sedangkan analisis hasil belajar siswa dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t dua pihak. 

Hasil validasi seluruh perangkat pembelajaran yang telah dibuat dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil belajar siswa kelas eksperimen (XI GB2) dengan model pembelajaran explicit instuction mendapatkan nilai rata-rata 82,64 dan dari 29 siswa yang mengikuti pembelajaran dinyatakan lulus 100%. Sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol (XI GB1) dengan model pembelajaran konvensional mendapatkan nilai rata-rata 77,71 dan dari 28 siswa yang mengikuti pembelajaran 5 siswa dinyatakan tidak lulus. Hasil uji-t diketahui nilai t hitung 2,79 selanjutnya dibandingkan dengan nilai t tabel 2,005. Karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,79 > 2,005), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran explicit instruction dengan media AutoCAD 3D dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Explicit instruction, konvensional, AutoCAD 3D   

At the time of learning in SMK Negeri 5 Surabaya shows that teachers still teach using conventional methods. From interviews to the subject teachers drawing with software lessons at the beginning before being implemented remedial learning, there are still some students who have not reached the KKM 70. Purpose of this research was to determine differences in learning outcomes between students who use the learning model of explicit instruction with media AutoCAD 3D and students who use conventional learning models.

Types of experiments used is True Experimental Design with model "posttest only control design". This research was conducted in the second semester of academic year 2013/2014 at SMK Negeri 5 Surabaya. The population in this research were all class XI of SMK , whereas the samples in this study were students of class XI GB1 31 people and XI GB2 33 people. Data analysis techniques for learning devices validated analyzed by descriptive analysis of student learning outcomes while done with normality test, homogeneity, and the t-test two parties.

The results of the validation of the entire study has been made otherwise unfit for use. Student learning outcomes of experimental class (XI GB2) with explicit instruction learning model obtain an average value of 82.64 and 29 students who take lessons passed 100%. While the results of student learning of control class (XI GB1) with conventional learning models to get the average value of 77.71 and 28 students who take lessons 5 students did not pass. T-test results are known next t value of 2.79 compared to the value of 2,005 t table. Since the value of t is greater than t table value (2.79 > 2.005), then Ho is rejected and Ha accepted. So in conclusion, there are significant differences in learning outcomes between students who use the learning model of explicit instruction with AutoCAD 3D media with students who used the conventional learning models.

Keywords: Explicit instruction, conventional, AutoCAD 3D

Published
2014-07-21
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 92