PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN TEORI KESEIMBANGAN PADA TUMPUAN

  • BAGUS SUKOCO

Abstract

Sarana dan prasarana di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung sudah memadai dengan adanya beberapa peralatan seperti komputer, LCD projector, camera CCTV, hotspot, wifi, dan sound system yang cenderung jarang digunakan karena kurangnya program perangkat lunak (software) yang dapat dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) kelayakan media pembelajaran Macromedia Flash yang telah dikembangkan, b) reson siswa terhadap media pembelajaran Macromedia Flash yang telah dikembangkan, dan c) perbedaan hasil belajar siswa dengan diterapkannya media pembelajaran Macromedia Flash tersebut.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development yang terbatas pada 6 dari 10 langkah yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal (Sugiyono, 2011:298). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan tes. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 67 siswa di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung dan unit analisisnya meliputi silabus, RPP, bahan ajar, lembar penilaian dan media pembelajaran yang dikembangkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran pada tahap (1) potensi dan masalah yang ditemukan di lapangan mendukung untuk dilakukan penelitian pengembangan, (2) pengumpulan data tentang materi dan perencanaan pengajaran, (3) desain produk dikembangkan dengan animasi, (4) validasi desain menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan pada kategori baik, (5) revisi desain dilakukan berdasarkan kritik dan saran dari validator, (6) uji coba produk menunjukkan hasilĀ  respon siswa pada kategori baik, dan peningkatan hasil belajar pada kelas yang diberi media pembelajaran Macromedia Flash lebih baik daripada pada kelas yang tidak diberi media pembelajaran Macromedia Flash.

Kata kunci: Macromedia Flash, Mekanika Teknik, Teori Keseimbangan

Educational facilities at SMK 3 Boyolangu Tulungagung adequate with some equipment that can be used as a computer, LCD projector, CCTV camera, hotspot, wifi, and sound system tend to rarely used because of the lack of software programs that can be exploited for use the equipment. This study aims to determine the feasibility of a) learning Macromedia flash media that have been developed, b) students' response to learning Macromedia flash media that have been developed, and c) differences in student learning outcomes with the implementation of the instructional media Macromedia Flash.
This research includes the study of research and development is limited to 6 steps of 10 steps are (1) the potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) validation of the design, (5) revision of the design, (6) product trials, (7) product revision, (8) utility testing, (9) product revision, and (10) mass production (Sugiyono, 2011:298). Data collection techniques used are questionnaires and tests. Subjects in this study a number of 67 students of class X TGB SMKN 3 Boyolangu and analysis unit includes learning device that consists of syllabi, lesson plans, instructional materials and assessment form.
The results of this study indicate that the development of instructional media in step (1) the potential and problems found in the field to do research to support the development, (2) collecting data about the materials and planning instruction, (3) the design of products developed by the animation, (4) validation shows the design of instructional media developed in either category, (5) revision of the design made by the criticism and suggestions of the validator, (6) shows the results of product testing students' responses in both categories, and the improvement of learning outcomes in the classroom is given a medium of learning Macromedia Flash more better than the class who were not given the media learning Macromedia Flash.

Keywords: Macromedia Flash, Engineering Mechanics, The Theory Of Equilibrium

Published
2014-07-21
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 55