PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE PADA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN MEDIA MAKET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI TGB NEGERI 1 BENDO MAGETAN

  • ARIP SUGIANTO

Abstract

Penelitian ini mempunyai latar belakang yaitu memberikan pemahaman kepada siswa secara optimal terhadap materi yang telah disampaikan, sehingga dapat menghasilkan hasil belajar yang optimal. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model dan media pembelajaran yang digunakan, sehingga berpengaruh terhadap ketuntasan belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen Pretest-Posttest Control Design. Penelitian dilaksanakan pada waktu semester genap tahun ajaran 2013/2014. Subyek penelitian menggunakan kelas XI Teknik Gambar Bangunan (TGB) dan kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton (KBB). Data penelitian yang didapat pada penelitian ini seperti hasil belajar siswa, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran berlangsung, dan respon siswa terhadap pembelajaran yang telah diaplikasikan. Ketuntasan hasil belajar siswa 69,22% sebelum dilakukan penelitian, kemudian setelah dilakukan penelitian ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 85,30%, sehingga menunjukkan bahwa mengalami peningkatan sebesar 16,08%. Hasil belajar siswa yang tuntas harus memenuhi Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah SMK Negeri 1 Bendo Magetan yaitu dengan nilai minimal 80. Hasil aktivitas siswa yang dominan yaitu siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dengan prosentase sebesar 74,71%. Hasil respon siswa memperoleh nilai prosentase sebesar 70,42% yang berarti respon siswa positif terhadap pembelajaran yang diterapkan oleh guru.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan, pengaplikasikan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share mengunakan maket sebagai media pembelajaran meberikan pengaruh signifikan terhadap ketuntasan hasil belajar siswa terhadap pelajaran menggambar kolom, balok, dan pelat pada konstruksi tangga beton bertulang.

Kata Kunci: Ketuntasan belajar, think-pair-share, media, maket.

This study has a background that gives insight to optimally students to material that has been submitted, so as to produce the optimal learning results. In addition, this study aims to determine the effect of learning strategies and communication tools are used, so the effect on students' mastery learning.

This type of research is experimental pretest-posttest control design. The experiment was conducted at the time of the second semester of school year 2013/2014. The study subjects using Architecture Engineering class XI and class XI Stone Concrete Construction Engineering. The research data obtained in this study as student learning outcomes, student activities in the learning process takes place, and the students' response to learning that has been applied. Student learning outcomes completeness 69.22% prior to the study, then after doing research into student learning outcomes completeness 85.30%, thus indicating that an increase of 16.08%. Learning outcomes of students who pass must meet the specified minimum of completeness Kriterian school figure 1 Bendo Magetan with a minimum value of 80.The results of student activity that is dominant over zealous in following student learning with a percentage of 74.71%. The results of student responses received grades of 70.42% percent which means the positive student response to learning that is applied by the teacher.

Based on the above it can be concluded, Applying cooperative learning type think-pair-share mockups using as a learning medium gave the completeness significant influence on student learning outcomes to draw lessons columns, beams, and plates on the construction of reinforced concrete stairs.

Keywords: Mastery learning, think-pair-share, communication tools, mockups.

Published
2014-07-24
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 75