PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR 3 DIMENSI PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK

  • FREDIARTO RUDI ADITYA

Abstract

Menurut undang-undang Republik Indonesia nomor 2003 tahun bab 1 pasal 1 ayat 1 bahwa, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Guru berhasil mengaktifkan dan menyemangatkan siswa dalam belajar, maka guru telah berhasil memotivasi siswa, yang pada gilirannya akan mempengaruhi prestasi belajar siswa (Djamarah, 2012:31) Berdasarkan observasi awal pada saat PPL II pada bulan juli – september 2013 di SMK N 5 Surabaya, siswa kurang berantusias terhadap pembelajaran gambar dasar teknik. Hasil ujian formatif nilai menggambar dasar tenik kelas XII TGB masih banyak yang dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 45 %.Pendekatan penelitian dan pengembangan merupakan penelitian yang berorientasi untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk yang digunakan dalam penelitian (Borg & Gall dalam Prasetyo, 2011: 23). Hasil rata-rata validasi yang didapat dari masing-masing kriteria adalah sebagai berikut: 1) validasi dari ahli media pembelajaran  menggambar 3 dimensi mendapatkan presentase sebesar 76%, 2) validasi ahli materi media pembelajaran menggambar 3 dimensi mendapatkan presentase sebesar 88%, hasil rata-rata keduanya, media pembelajaran 3 dimensi mendapatkan presentase sebesar 82%. Dan respon siswa mendapatkan hasil 79% berada pada interval 81%-100% yang berarti baik. 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Menggambar 3 dimensi

According to the laws of the Republic of Indonesia Number 2003 in chapter 1 chapter 1 verse 1 that, education is a conscious and deliberate effort to create an atmosphere of learning and the learning process so that learners are actively developing the potential for him to have the spiritual strength of religious, self-control, personality, intelligence , noble character, and skills needed him, society, nation and state. Teachers successfully activate and energize students in learning, the teacher has successfully motivate students, which in turn will affect student achievement (Djamarah, 2012: 31).Based on preliminary observations during the second PPL in July - September 5, 2013 in SMK N Surabaya, students are less enthusiastic towards learning basic drawing techniques. The results of formative exams draw basic value class XII tenik TGB is still much below the KKM (Complete Minimal criteria) is 45%.Approach to research and development-oriented research is to develop and validate the products used in the study (Borg & Gall in Prasad 2011: 23). The average yield obtained validation of each of the criteria are as follows: 1) validation of expert instructional media 3 dimensional drawing to get a percentage of 76%, 2) validation of instructional media materials experts draw 3 dimensional earn a percentage of 88%, average results -rata both 3-dimensional instructional media get a percentage of 82%. And the response of students to get the 79% is in the interval 81% -100%, which means good. 

Keywords: Learning Media, Drawing 3-dimensional

Published
2014-07-24
Abstract Views: 157
PDF Downloads: 351