PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA SMKN 3 SURABAYA

  • HENDY ARDIANTO

Abstract

Mata Pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan, merupakan bekal ilmu yang kelak akan dipakai oleh siswa SMKN 3 Surabaya, ketika mereka berhadapan dengan dunia kerja. Penelitian ini berawal dari banyaknya siswa SMKN 3 Surabaya yang memiliki nilai dibawah KKM, pada Mata Pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh locus of control terhadap prestasi belajar Ilmu Statika dan Tegangan, pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Statika dan Tegangan, lalu pengaruh locus of control dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ilmu Statika dan Tegangan.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian expost facto dengan menggunakan pendekatan data kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi SMKN 3 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan dokumen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Locus of control memiliki pengaruh sebesar (0,690)  dengan taraf siqnifikan (0,010) terhadap prestasi belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa SMKN 3 Surabaya. Aktivitas belajar memiliki pengaruh (0,261) sebesar dengan taraf siqnifikan (0,001) terhadap prestasi belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa SMKN 3 Surabaya. Locus of control dan aktivitas belajar siswa memiliki pengaruh sebesar (0,526) dan (0,226) dengan taraf signifikan (0,005) terhadap prestasi belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa SMKN 3 Surabaya. Locus of control cenderung internal memiliki pengaruh sebesar (0,334), dengan taraf signifikan (0,627) terhadap prestasi belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa SMKN 3 Surabaya. Locus of control gradasi normal memiliki pengaruh sebesar (1,595), dengan taraf signifikan (0,041) terhadap prestasi belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa SMKN 3 Surabaya.

Kata Kunci: locus of control, aktivitas belajar, prestasi belajar.

 

The subjects science of Statics and strained, is the provision of science that would later be used by the students of SMKN 3 Surabaya, when they are dealing with the world of work. This research starts from the number of students SMKN 3 Surabaya which have a value under the KKM, on achievement learning Of Statics and strained. This research aims to find out whether there is influence of locus of control against the achievement learning studied Science Statics and Strained, influence the activity of learning achievements learning Science Statics and Strained, then the influence of locus of control and accomplishment of learning activities learning of the Science Statics and Strained.

The type of research used in this study is the kind of research the expost facto approach using quantitative data. The sample used in this study are pupils and students of SMKN 3 Surabaya. Data collection techniques used in this research is a question form and documents. The analysis used in this study is the analysis of multiple regression.

The result showed that locus of control have influence of (0,690) with standard siqnifikan (0.010) against achievement learning of the Science of Statics and Strained SMKN 3 Surabaya. The activity of learning have influence (0,261) as much as with standard siqnifikan (0,001) against achievement the Science of Statics and Strained SMKN 3 Surabaya. Locus of control and the activity of learning students have influence of (0,526) and (0,226) with standard (0,005) against significant achievement learning of the Science of Statics and Starined SMKN 3 Surabaya. Locus of control tending internal have influence of (0,334), standard with significant (0,627) against achievement learn the Science of Statics and Strained SMKN 3 Surabaya. Locus of control gradations normal have influence of (1,595), standard with significant (0,041) against achievement learn the Science of Statics and Strained SMKN 3 Surabaya.

Key words: locus of control, learning activities, learning achievements.

Published
2014-08-11
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 122