PENGGUNAAN MACROMEDIA CAPTIVATE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI BERBAGAI TIPE PONDASI

  • INDAH LARASATI

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan, proses penyampaian materi pendidikan kepada sasaran pendidikan, disamping kurikulum maka metode dan alat pendidikan turut memegang peranan penting. Siswa dapat dikatakan tuntas dalam pembelajaran apabila mencapai  ≥75 dengan predikat B.

 Penelitian ini bertujuan untuk a) mengetahui kelayakan media, b) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah mendapatkan media macromedia captivate dengan model pembelajaran make a match, c) mengetahui respon siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan menerapkan media macromedia captivate. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen, tujuan eksperimental ini untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan cara memberi kelompok eksperimen dengan suatu kondisi perlakuan dan membandingkan hasilnya dengan suatu kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan tes. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 76 siswa kelas X TGB SMKN 1 Kota Mojokerto serta analisis perangkat pembelajaran meliputi RPP, bahan ajar, soal tes dan penggunaan media pembelajaran.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a)  hasil validasi media macromedia captivate yang digunakan mendapatkan hasil perhitungan sebesar 98% dengan kualifikasi sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, b) Terdapat hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata post test kelas eksperimen yang menggunakan media macromedia captivate dengan menggunakan model pembelajaran make a match yaitu sebesar 81,32 mendapatkan predikat (B+) sehingga lebih besar dari nilai ketutasan minimum yang ditetapkan sebesar 75,0 mendapatkan predikat (B) atau (81,32 > 75,0). Hasil nilai rata-rata post test kelas kontrol atau yang tidak menggunakan media macromedia captivate dengan tidak menggunakan model pembelajaran make a match yaitu sebesar 72,37 dengan predikat (B) sehingga kurang dari nilai ketuntasan minimum yang ditetapkan yaitu sebesar 75,0 dengan predikat (B) atau (72,37 < 75,0). c) hasil respon siswa terhadap media macromedia captivate sebesar 86% hasil tersebut termasuk dalam kualifikasi sangat setuju.

Kata Kunci: Macromedia Captivate, Hasil Belajar Siswa, Respon Siswa.

Education is a process with certain methods so that people gain the knowledge, understanding, and how to behave in accordance with the requirements, the process of delivering educational materials to educational objectives, curriculum in addition to the methods and means of education also plays an important role. Students can be said to be complete in learning when achieving ≥ 75 with predicate B.

This study aimed to a) determine the feasibility of the media, b) describe the learning outcomes of students after getting Macromedia Captivate with media learning model make a match, and c) evaluate the response of the students after getting learning by applying Macromedia Captivate media. This research includes experimental research, the goal is to investigate the possibility of experimental causal relationship by giving the experimental group with a condition of treatment and comparing the results with a control group. Data collection techniques used were questionnaires and tests. Subjects in this study amounted to 76 students of class X TGB SMK 1 Mojokerto learning and analysis tools include lesson plans, teaching materials, test questions and the use of instructional media.

The results of this study indicate that a) the results of the validation Macromedia Captivate media used to get the count by 98% with a very decent qualification for use in teaching and learning activities, b) There is a class of student learning outcomes with students in grade control experiments, it is shown by the results of value the average post-test experimental class using macromedia Captivate media using learning models make a match that is equal to 81.32 predicate (B +) that is greater than the value set at the minimum ketutasan awarded 75.0 (B) or (81 , 32> 75.0). The results of the average value of post test or a control class that does not use the media by not using Macromedia Captivate learning model make a match that is equal to 72.37 with a predicate (B) that is less than the specified minimum value of completeness that is equal to 75.0 with a predicate (B) or (72.37 <75.0). c) the results of students' response to media Macromedia Captivate for 86% of the proceeds qualify as strongly agree. 

Keywords: Macromedia Captivate, Student Learning Outcomes, Student Response.

Published
2014-08-12
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 39