PENGARUH MATA KULIAH PENUNJANG TERHADAP KEBERHASILAN DALAM PENYELESAIAN TUGAS MERENCANA KONSTRUKSI BAJA PADA MAHASISWA S1 PTB JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNESA

  • SUTOMO

Abstract

Mata kuliah Merencana Konstruksi Baja merupakan mata kuliah pengetahuan berbentuk merencanakan struktur bangunan gedung terbuka dan bangunan gedung tertutup dengan bahan struktur dari baja. Berbagai kendala yang menghambat mahasiswa dalam pengerjaan tugas Merencana Konstruksi Baja, salah satunya tentang pengetahuan mahasiswa pada mata kuliah penunjang. Mata kuliah penunjang sangat berperan dalam penyelesaian tugas Merencana Konstruksi Baja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh mata kuliah penunjang terhadap keberhasilan dalam penyelesaian tugas Merencana Konstruksi Baja pada mahasiswa S1 PTB Jurusan Teknik Sipil  FT Unesa.

Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan pendekatan data berbentuk angka. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini mahasiswa S1 PTB yang memprogram tugas Merencana Konstruksi Baja pada Semester Genap Tahun Ajaran 2013-2014 sebanyak 64 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Alat analisis data yang digunakan adalah program komputer SPSS (Statistical  Package  for  Social  Sciences) versi 15.

Berdasarkan hasil penelitian ada pengaruh antara hasil belajar mata kuliah penunjang (variabel tidak terikat) yaitu Menggambar Struktur Bangunan II, Mekanika Rekayasa II, Matematika II, Struktur Baja I, dan Struktur Baja II secara bersama-sama terhadap (variabel terikat) keberhasilan penyelesaian tugas Merencana Konstruksi Baja sebesar 34,7%. Sedangkan sisanya sebesar 65,3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Hasil penelitian juga menunjukkan terjadi hubungan sedang antara mata kuliah penunjang terhadap keberhasilan penyelesaian tugas Merencana Konstruksi Baja sebesar 0,589.

Kata Kunci : mata kuliah penunjang, tugas merencana baja, hasil belajar

Steel Construction Drafting course subject knowledge is shaped open plan building structures and buildings covered with the material of steel structures. Various obstacles that hinder the students in performing tasks Drafting Construction Steel, one of which on the knowledge of students in a course support. Courses support was instrumental in the completion of the task Steel Construction Plans. This study aims to determine the effect of the course on supporting the successful completion of the task in Steel Construction Plans on S1 students PTB FT Unesa Department of Civil Engineering.

This study was classified as quantitative research data approach shaped figure. Data collection was performed by using the method of documentation. The sample used in this study students who programmed the PTB S1 duty Steel Construction Plans in Even Semester Academic Year 2013-2014 as many as 64 students. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. Data analysis tool used is a computer program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) version 15.

Based on the existing research results influence the outcome of learning support courses (the independent variable), namely Building Structures II Drawing, Engineering Mechanics II, Mathematics II, Steel Structures I and II Steel Structure together against (the dependent variable) the successful completion of the task Drafting Steel construction by 34.7%. While the remaining 65.3% is influenced or explained by other variables not included in this research model. The results also showed that there was a relationship between subjects support the successful completion of the task of Steel Construction Plans by 0.589.

Keywords: Supporting courses, to plan tasks steel, learning outcomes

Published
2014-08-21
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 27