PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TERBALIK (reciprocal teaching) PADA SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN UNTUK MATA DIKLAT ILMU BANGUNAN GEDUNG di SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • BUNGAH JUSTIN EFRATA

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran reciprocal teaching di SMK Negeri 5 Surabaya, (2) kegiatan guru mengajar selama pembelajaran dengan metode pembelajaran reciprocal teaching berlangsung, (3) kegiatan belajar siswa selama pembelajaran dengan metode pembelajaran reciprocal teaching berlangsung.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Penelitian dilakukan pada semester Gasal 2012/2013, dengan siswa kelas X SMK Negeri 5 Surabaya sebanyak 37 siswa pada mata diklat ilmu bangunan gedung.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Adanya peningkatan hasil belajar siswa  dari  61,16%  menjadi  81,08%. (2) Kegiatan guru mengajar meningkat dari 2,60 (baik) menjadi 2,91 (baik) dalam skala 1-4. Peningkatan kegiatan guru mengajar dapat dilihat pada saat guru menyampaikan tujuan pada siswa, mengajarkan strategi-strategi reciprocal teaching, dan memberikan latihan kepada siswa. (3) Kegiatan belajar siswa meningkat dari 2,20 (kurang baik) menjadi 2,60 (baik) dalam skala 1-4. Peningkatan kegiatan belajar siswa menggunakan metode reciprocal teaching dapat dilihat dari rerata kedisiplinan siswa saat mengerjakan tugas individu, menjelaskan kembali materi yang telah diajarkan, serta keaktifan siswa saat bertanya.

Kata kunci : penerapan Reciprocal Teaching, peningkatan hasil belajar, kemampuan guru mengajar

The purpose of this action research was to determine (1) improvement of learning outcomes with learning using reciprocal teaching in SMK Negeri 5 Surabaya, (2) the activities of teachers learning to teach during the reciprocal teaching method of learning takes place, (3) learning activities of students during learning with reciprocal teaching method of learning takes place.

This research is a classroom action research (CAR), which was done 2 cycles, each cycle consisting of three meetings which consists of four phases: Planning, Implementation of action, observation and reflection. The study was conducted on half of Odd 2012/2013, with tenth grade students of SMK Negeri 5 Surabaya as many as 37 students in the building science training.

The results of this study indicate that: (1) An increase in student learning outcomes from 61.16% to 81.08%. (2) The teacher teaches increased from 2.60 (good) to 2.91 (good) in a 1-4 scale. Increased activities of teachers teaching can be seen when teachers convey the purpose of the students, teaching reciprocal teaching strategies, and provide training to the students. (3) student learning activity increased from 2.20 (poor) to 2.60 (good) in a 1-4 scale. Improved student learning activities using the reciprocal teaching method can be seen from the average student discipline while working on individual tasks, explaining again the material that has been taught, as well as student activity when asked.

Keywords: application of Reciprocal Teaching, learning outcome, the ability of teachers to teach.

Published
2014-08-22
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 272