https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/issue/feed Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan 2022-05-17T07:49:29+00:00 Heri Suryaman, S.Pd., M.Pd. journal.jtsunesa@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal JKPTB merupakan kumpulan dokumentasi informasi mengenai berbagai macam mata kuliah dan mata pelajaran, diskusi pendidikan, temuan penelitian dan penyebaran pemikiran. Jurnal ini bermanfaat sebagai bahan pengajaran dan bahan belajar untuk siswa dan mahasiswa yang ingin menyelesaikan tugas akhir,laporan akhir, skripsi, refarat dan berbagai macam tugas-tugas dalam perkuliahan.Ejournal.unesa.ac.id hadir untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai macam jurnal tentang pendidikan. Dalam situs Jurnal Pendidikan ini anda dapat menemukan berbagai macam jurnal dalam bentuk PDF dan Doc.</p> https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/43183 STUDI LITERATUR : STUDI TERHADAP PENERAPAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI DASAR SPESIFIKASI DAN KARAKTERISTIK KAYU 2021-11-08T03:50:36+00:00 Mohammad Dody Hermawan mohammadhermawan@mhs.unesa.ac.id Gde Agus Prawira gdeadistana@unesa.ac.id <p>Media pembelajaran yang atraktif dapat merangsang psikologis murid dalam belajar. Kegiatan belajar saat ini juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang sangat pesat. <em>Smartphone</em> menjadi salah satu media dalam penerapan teknologi di dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Mengetahui bagaimana <em>Augmented Reality</em> sebagai media pembelajaran, 2. Mengetahui karakteristik pembelajaran kayu bila memakai media pembelajaran <em>Augmented Reality</em><em>,</em> 3. Memperlihatkan hasil-hasil belajar murid yang telah menggunakan media pembelajaran <em>Augmented Reality.</em> Penelitian ini berjenis studi literature, menggunakan metode studi kepustakaan dalam pengumpulan data. Data diperoleh dari artikel yang membahas tentang <em>Augmented Reality</em>, media pembelajaran maupun materi spesifikasi dan karakteristik kayu. Hasil studi yang dilakukan pada beberapa artikel diantaranya yaitu: 1). Media belajar dengan tampilan 2D yang dimodifikasi dan diubah menjadi tampilan 3D dengan basis teknologi <em>Augmented Reality </em>menjadi lebih menarik dan terlihat nyata sehingga menjadikan murid lebih terdorong dalam proses belajar mengajar. 2). Siswa yang belajar menggunakan AR memiliki hasil belajar yang meningkat daripada siswa yang tidak menerapkan AR, dapat diartikan bahwa AR yang diciptakan untuk KD spesifikasi dan karakteristik kayu telah memadai sebagai salah satu materi dalam pembelajaran konstruksi bangunan, 3). Penerapan <em>Augmented Reality</em> dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi, diketahui dari hasil perhitungan <em>Effect size</em> beberapa peneliti terdahulu yang medapat hasil (rez = 1.475) yang dikategorikan “<em>Big</em> (Besar)”, yang menunjukkan bahwa media AR dapat membantu mempermudah pemahaman dan meningkatkan hasil belajar murid.</p> 2021-11-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/43588 STUDI LITERATUR: STUDI TERHADAP HASIL VALIDASI DAN MANFAATJOBSHEET DALAM PEMBELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG 2021-12-02T03:48:05+00:00 Amanda Anggai Rahmatillah anggai12amanda@gmail.com <p>Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) mempelajari Menggambar Konstruksi dan Utilitas Gedung yang mengidentiikasi sanitasi air bersih dan air kotor rumah tinggal bertingkat. Hasil wawancara menunjukkan siswa memiliki kesulitan mengimajinasikan bentuk instalasi karena kurangnya media yang memadai dan hanya memiliki lembar kerja siswa sehingga perlunya penjelasan dahulu sebelum menggambar menggunakan <em>Autocad</em>. Manfaat <em>jobsheet</em> mengatasi keterbatasan waktu dan ruang antara guru maupun siswa, meminimalkan peran guru dan lebih mengaktifkan siswa, meningkatkan motivasi belajar, memungkinkan siswa mengevaluasi hasil belajarnya secara mandiri serta membiasakan siswa untuk percaya pada dirinya sendiri. Tujuan penelitian untuk menganalisis hasil vaildasi media jobsheet dalam pembelajaran konstruksi dan utilitas gedung serta menganalisis manfaat penggunaan <em>jobsheet</em> berdasarkan artikel review terhadap penelitian jobsheet yang pernah dilakukan.&nbsp;</p> <p>Hasil uji validasi <em>jobsheet </em>sebesar 86,67% dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, keaktifan, dan dapat mengevaluasi hasil belajar mandiri. Berdasarkan Literatur <em>Review</em> diketahui manfaat dari penggunaan <em>jobshee</em>t adalah mengatasi keterbatasan waktu, tenaga, dan ruang. Disamping itu dapat meringankan beban guru, menjadikan proses pembelajaran lebih efektif, ekonomis, dan dapat didistribusikan dengan mudah. <em>Jobsheet</em> tersusun secara sistematis sehingga dapat membuat siswa berpikir secara logis. <em>Jobsheet</em>memilikidayatarikdariperpaduanteks dangambar yang menjadikanpemahamansiswasecara verbal dan visual lebih baikserta media pembelajaran yang baik karena menggabungkan kompetensi pada aspek kognitif dan psikomotorik siswa.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata kunci</strong> :Validasi, Manfaat, <em>Jobsheet</em><em>.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2021-12-02T03:48:05+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/43722 PENERAPAN MEDIA BERBASIS AURORA 3D PRESENTATION PADA MATA PELAJARAN DASAR DASAR KONSTRUKSI DI SMK NEGERI 2 SURABAYA 2021-12-10T06:28:36+00:00 Agus Putra Mas Sandy agussandy@mhs.unesa.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kelayakan media berbasis <em>Aurora 3D Presentation</em> dengan model pembelajaran <em>mind mapping</em>; (2) keterlaksanaan pembelajaran terhadap penerapan media berbasis <em>Aurora 3D Presentation</em> dengan model pembelajaran <em>mind mapping; </em>(3) hasil belajar siswa terhadap penerapan media berbasis <em>Aurora 3D Presentation</em> dengan model pembelajaran <em>mind mapping; (</em>4) respon siswa terhadap penerapan media berbasis <em>Aurora 3D Presentation</em> dengan model pembelajaran <em>mind mapping.</em></p> <p>Jenis penelitian ini adalah <em>one shot case study</em> dengan bentuk <em>Pre-Experimental Design</em>. Sampel penelitian adalah siswa kelas X DPIB 2 SMK Negeri &nbsp;Surabaya tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar validasi media pembelajaran, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes hasil belajar, lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan perangkat pembelajaran, analisis kelayakan media pembelajaran, analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis hasil belajar, analisis respon siswa serta uji-t satu pihak kiri.</p> <p>Hasil penelitian ini adalah (1) prosentase rata-rata hasil kelayakan media pembelajaran sebesar 83,33% dengan kategori sangat layak; (2) prosentase rata-rata hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1 sebesar 83,13% dengan kategori sangat baik, pada pertemuan 2 sebesar 84,38% dengan kategori sangat baik dan pada pertemuan 3 sebesar 84,67% dengan kategori sangat baik; (3) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan (kognitif) menunjukkan prosentase ketuntasan sebesar 77,14% dari 27 siswa dan siswa yang berada di bawah KKM memperoleh prosentase sebesar 22,86% dari 8 siswa. Sedangkan dalam aspek keterampilan (psikomotorik) pada pertemuan 1 memperolah nilai rata-rata 76,79 dengan kategori baik dan pada pertemuan 2 memperoleh nilai rata-rata 88,17 dengan kategori sangat baik; (4) prosentase rata-rata hasil respon siswa sebesar 82,51% dengan kategori sangat baik.</p> 2021-12-10T06:28:36+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/43826 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kanal-Balder (Kalkulator Analisa Balok Sederhana) untuk Pembelajaran Mekanika Teknik Kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Surabaya 2021-12-20T02:12:48+00:00 Ainun Tyas Mahmudah ainun.17050534031@mhs.unesa.ac.id Suprapto Suprapto suprapto@unesa.ac.id <p>Kemunculan virus COVID-19 menyebabkan pendidikan di Indonesia harus dilaksanakan dengan cara Daring/<em>online</em> yang mengakibatkan lebih dari 75% hasil belajar Mekanika Teknik peserta didik tidak memenuhi KKM. Dalam rangka mengembangkan media pembelajaran berupa media pembelajaran interaktif serta mengetahui perubahan yang terjadi pada perolehan hasil belajar peserta didik setelah mengenal media pembelajaran interaktif Kanal-Balder pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X DPIB SMK Negeri 2 Surabaya maka dilaksanakanlah penelitian ini. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melihat layak tidaknya media pembelajaran interaktif Kanal-Balder serta hasil belajar yang diperoleh peserta didik setelah mengenal dan memakai media pembelajaran interaktif Kanal-Balder pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X DPIB SMK Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan desain R&amp;D (<em>Research and Development</em>). Penelitiannya terdiri dari beberapa langkah diantaranya: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Sampel penelitiannya ialah peserta didik kelas X DPIB SMKN 2 Surabaya tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 36 peserta didik. Analisis data dilaksanakan dengan dua macam teknik berupa analisis kelayakan perangkat pembelajaran dan analisis hasil belajar. Penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan hasil bahwa : (1) Kelayakan perangkat pembelajaran pada hasil validasi dari 3 validator menyatakan skor rata-rata sebesar 85,7%, (2) Hasil uji coba kepada peserta didik menunjukkan ada peningkatan hasil belajar yang signifikan, semula yang memenuhi KKM hanya 25%, meningkat menjadi 55% setelah penerapan media interaktif Kanal-Balder. (3) Nilai Post test yang didapat peserta didik setelah menggunakan media Kanal-Balder adalah sebagai berikut: rata-rata nilai = 61,31, nilai tertinggi = 86, dan nilai terendah = 25.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Media interaktif Kanal-Balder, Mekanika Teknik.</p> <p>The emergence of the COVID-19 virus caused education in Indonesia to be carried out online, which resulted in more than 75% of students’ learning outcomes in Mechanical Engineering not meeting the KKM. In order to develop learning media in the form of interactive learning media and to find out the changes that occur in the acquistion of student learning outcomes after getting to know the Kanal-Balder interactive learning media in the Engineering Mechanics class X DPIB SMK Negeri 2 Surabaya, this research was carried out. This research aims to see whether or not Kanal-Balder interactive learning media is feasible and the learning outcomes obtained by students after knowing and using Kanal-Balder interactive learning media in the Engineering Mechanics class X DPIB SMK Negeri 2 Surabaya. This research was conducted with an R&amp;D (Research and Development) design. The research consists of several steps including: potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing. The research sample is class X DPIB SMK Negeri 2 Surabaya students for the 2021/2022 academic year, totaling 36 students. Data analysis was carried out with two kinds of techniques, namely feasibility analysis of learning devices and analysis of learning outcomes. The research that has been carried out by researches shows the results that: (1) The feasibility of learning devices on the validation results of 3 validators states an average score of 85.7%, (2) The results of testing on students show that there is a significant increase in learning outcomes, initially only 25% met the KKM, increasing to 55% after the implementation of Kanal-Balder interactive media, (3) Post test score obtained by students after using Kanal-Balder media are as follows: average value = 61.31, highest score = 86, and lowest score = 25.</p> <p><strong>Keywords </strong>: Kanal-Balder interactive media, Mechanical Engineering</p> 2021-12-20T02:12:48+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/43827 STUDI TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE AUTOCAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK 2021-12-20T03:49:49+00:00 Dini Novreamerti Nurlaili dini.17050534032@mhs.unesa.ac.id Hasan Dani hasandani@unesa.ac.id <p>Pada umumnya peserta didik sulit memahami kontruksi bangunan, sehingga perlunya dilakukan studi terhadap media <em>Software Auto</em><em>CAD</em> sebagai alat bantu pemahaman peserta didik. Kriteria tuntas dalam belajar saat ini belum mencapai hasil yang baik. Hal ini mengindikasi bahwa pemahaman terhadap konstruksi bangunan sangat rendah. Tujuan studi ini untuk mengetahui (1) kelayakan <em>Software AutoCAD </em>sebagai media pembelajaran (2) peserta didik mendapat hasil belajar yang baik setelah diterapkan dengan media <em>Software AutoCAD. </em>Penggunaan metodenya adalah metode studi literatur. Metode studi literatur dengan cara akumulasi data riset relevan, mengkaji, meringkas dan menarik kesimpulan sehingga mendapati kelayakan pada media pembelajaran dan hasil pembelajaran peserta didik setelah menerapkan <em>Software AutoCad</em>. Kesimpulan dalam studi ini dapat diambil bahwa (1) penggunaan <em>Software AutoCad</em> sebagai media pembelajaran dinilai layak karena memenuhi segi efektifitas media dengan <em>Software AutoCad</em> yakni tujuan terkait dengan pemaparan kompetensi dasar, simulasi kebenaran konsep, komunikatif, jelas, menarik, mudah dipahami dengan tingkat evaluasi ≥ 61% hingga 100% dengan kualitas baik hingga sangat baik, (2) <em>Software AutoCAD</em> sebagai alat bantu belajar yang lebih baik dalam peningkatkan hasil belajar. Hal tersebut dikarenakan telah memenuhi kelayakan media dan hasil uji coba media. Hasil menunjukkan bahwa setelah menerapkan media pembelajaran <em>software AutoCAD</em> hasil belajar peserta didik dapat meningkat.</p> <p><strong>Kata kunci : </strong><em>AutoCAD</em><em>,</em> <em>Hasil Belajar, Media Pembelajaran</em></p> <p><em>In general, students find it difficult to understand building construction, so it is necessary to study the Autocad Software media as a tool for students' understanding. The criteria for complete learning at this time have not achieved good results. This indicates that the understanding of building construction is very low. The purpose of this study is to determine (1) the feasibility of AutoCAD Software as a learning medium (2) students get good learning outcomes after being applied with AutoCAD Software media. The method used is the literature study method. The technique of this method is the accumulation of relevant research data, reviewing, summarizing and drawing conclusions so as to find the feasibility of learning media and student learning outcomes after applying AutoCad Software. The conclusions in this study can be drawn that (1) the use of AutoCad Software as a learning media is considered feasible because it meets the effectiveness of the media with AutoCad Software, namely the objectives related to the presentation of basic competencies, simulating the truth of concepts, communicative, clear, interesting, easy to understand with an evaluation level. 61% to 100% with good to very good quality, (2) AutoCAD software as a better learning tool in improving learning outcomes. This is because it has met the feasibility of the media and the results of media trials. The results show that after applying the AutoCAD software learning media, the learning outcomes of students can increase.</em></p> <p><em>.<strong>Keywords :</strong> AutoCAD, Learning Outcomes, Learning Media</em></p> 2021-12-20T03:49:49+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/43934 META-ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA MAKET PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK 2021-12-28T03:35:47+00:00 zuli atin zuliatin.17050534009@mhs.unesa.ac.id Djoni Irianto djoniirianto@unesa.ac.id <p>Pengaruh penerapan model pembelajaran dengan media maket pada proses belajar di SMK pada mata pelajaran gambar konstruksi oleh penelitian terdahulu merupakan fokus pada penelitian kali ini. Metode penelitian artikel ini dilakukan dengan menggunakan meta-analisis. Pengumpulan data sekunder diperoleh dari <em>Google </em>Cendekia serta JKPTB UNESA. Dari proses seleksi jurnal penelitian dilakukan dengan membaca abstrak dan&nbsp; diperoleh 45 jurnal yang menggunakan media maket dalam pembelajarannya, setelah diseleksi didapat lima penelitian yang sejenis. Kemudian dilakukan pengkodean jurnal (<em>coding</em>) untuk mempermudah pengumpulan dan analisis data. Penganalisisan data penelitian meliputi <em>effect size</em> dari implementasi model,&nbsp; media, serta berdasarkan materi yang diajarkan. Secara menyeluruh implementasi model pembelajaran berbantu media maket pada mapel Gambar Konstruksi Bangunan tinggi pengaruhnya dengan &nbsp;= 1,35. Dari kelima jurnal yang dikaji keseluruhan menggunakan media maket dalam pembelajarannya. <em>Effect size </em>paling besar yaitu pada materi menggambar instalasi plumbing dengan &nbsp;sebesar 3,20 dan termasuk kedalam kategori tinggi. Untuk karakteristik model pembelajaran yang digunakan perhitungan <em>effect size </em>terdapat 3 jurnal yang sama memakai model<em> Problem Based Learning</em> memperoleh nilai &nbsp;sebesar 1,60 serta memperlihatkan i nilai efeknya dengan klasifikasi tinggi. Melainkan untuk dua jurnal yang lain &nbsp;menggunakan model pembelajaran <em>Cooperative Learning</em> juga masuk dalam kategori tinggi dengan nilai <em>&nbsp;</em>sebesar 0,98.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Meta-analisis, <em>Effect size, </em>Model Pembelajaran, Maket, Gambar Konstruksi Bangunan</p> <p>The effect of applying the learning model with mock media on the learning process in Vocational High Schools on the subject of construction drawing by previous research is the focus of this research. The research method in this article was performed using a meta-analysis. Secondary data collection was obtained from the Journal of Educational Studies in Building Engineering, UNESA and Google Scholar. From the selection process of research journals, it was done by reading abstracts and obtained 45 journals that used mock-up media in their learning, after being selected, five similar studies were obtained. Then the coding of the journal (coding) is carried out to facilitate data collection and analysis. The effect scale research on this look at is the impact size of the usage of the studying model, the impact size of the studying medium used and the effect size associated with the material. The effect of using a learning model in a mockup media on the subject of building construction drawings is high with &nbsp;= 1.35. Of the five journals studied, all of them used mock-up media in their learning. The biggest effect size is in the plumbing installation drawing material with &nbsp;of 3.20 and is included in the high category. As well as the calculation of effect size depend characteristics of the learning model used, there are 3 similar journals using the Problem Based Learning model with a value of &nbsp;of 1.60 and shows the classification of the effect value is included in the high category. Meanwhile, for the other 2 journals using the cooperative learning model, they are also included in the high category with an &nbsp;value of 0.98.</p> <p><strong>Keywords:</strong> Meta-analysis, Effect size, Learning Model, Mockup, Drawing of Building Construction</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> 2021-12-28T03:35:47+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/44057 EFEKTIVITAS MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI MENGGAMBAR KONSTRUKSI DENGAN PERANGKAT LUNAK 2022-01-03T02:05:17+00:00 Nurul Fadilah nurulfadilah16050534016@mhs.unesa.ac.id <p>Abstrak</p> <p>Kesulitan belajar dalam menggambar konstruksi dengan perangkat lunak <em>AutoCAD</em> menjadi permasalahan yang menghambat peserta didik untuk mencapai ketuntasan hasil belajar. Relevansi yang cukup kuat pada kompetensi keahlian menggambar konstruksi dengan perangkat lunak terhadap kebutuhan kompetensi sebagai <em>drafter</em>, mendorong peserta didik untuk mencapai ketuntasan hasil belajar. Penggunaan model dan media pembelajaran yang tepat, diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model dan media pembelajaran yang efektif pada kompetensi menggambar konstruksi dengan perangkat lunak. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik <em>sampling purpos</em><em>ive, </em>sehingga diperoleh 9 jurnal penelitian terdahulu yang relevan. Analisis keefektifan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan <em>effe</em><em>c</em><em>t size </em>setelah melakukan pemberian kode pada jurnal<em>. </em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif memiliki efektivitas paling tinggi dengan perolehan &nbsp;<em>effect size </em>sebesar 0,918. Tingkat efektivitas model pembelajaran adalah sebagai berikut: pembelajaran kooperatif&nbsp; lebih tinggi daripada model pembelajaran langsung, dan model pembelajaran langsung lebih efektif daripada model pembelajaran berbasis&nbsp; masalah. Media pembelajaran yang paling efektif terhadap Kompetensi Menggambar Konstruksi dengan Perangkat Lunak adalah media model/miniatur dengan perolehan <em>effect size </em>sebesar 0,956. Tingkat efektivitas media pembelajaran adalah sebagai berikut: media model/maket lebih tinggi daripada media cetak, media cetak lebh efektif daripada media visual 3D, media visual 3D lebih efektif daripada media audiovisual, dan media audiovisual lebih efektif daipada media interaktif.</p> <p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>kesulitan belajar, efektivitas, model dan media pembelajaran,</em> <em>menggambar konstruksi dengan perangkat lunak, meta</em> <em>analisis, effect size.</em></p> <p>Abstract</p> <p><em>The learning difficulties in drawing construction with autocad software are a problem that prevents learners from reaching the point of completion. That strong enough relevance to the competence of drawing construction skills with the software to the competence needs as drafter, encourages learners to achieve the desired results. Proper use of modeling and media learning, is expected to address the problem. The research aims to know effective models and learning media at competence drawing construction with software. The research uses</em><em> the meta method of analysis. Selection of samples was conducted with impressive sampling techniques, and thus obtained nine previous research journals that were relevant. The effectiveness of learning analysis is made by use of an effect size after it has been coded to the journal. Research shows that cooperative learning models have the highest effectiveness with an effect size of 0.918. The level of effective learning models is as follows: cooperative learning is higher than direct learning models, and direct learning models are more effective than problem based learning models. The most effective study media on competence for drawing construction with software is a model media with an effect size of 0.956.</em> <em>The extent of learning media effectiveness is as follows: model/ maketh media is higher than print media, lebra presses are effective than 3D</em><em> visual media, 3D</em><em> visual media is more efficient than audiovisual media, and audiovisual media is more effective than interactive media.</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>&nbsp;learning &nbsp;difficulties, &nbsp;effectiveness, &nbsp;learning &nbsp;models &nbsp;and &nbsp;media, &nbsp;drawing &nbsp;construction&nbsp; with software, meta analysis,an &nbsp;effect size.</em></p> 2022-01-03T02:05:17+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/43796 STUDI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MAKET PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN 2022-01-04T03:24:41+00:00 Helmy Syarif mohamadsyarif@mhs.unesa.ac.id <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Dari hasil observasi serta wawancara dengan tenaga pendidik SMK Negeri Kudu, bahwa di sekolah belum dapat mengoptimalkan metode dan media pembelajaran, sehingga peserta didik kurang tertarik mempelajari materi yang bersangkutan. Maka dalam rangka penigkatan hasil belajar peserta didik, dibutuhkan model dan media pengajaran yang tepat dan salah satunya adalah media &nbsp;maket. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan, dan hasil belajar peserta didik terhadap penggunaan media maket pada materi konstruksi bangunan. Metode penelitian ini yaitu penelitian literature review. Sumber data tersebut diperoleh dari beberapa jurnal penelitian yang bersangkutan dengan penggunaan media maket pada pembelajaran konstruksi bangunan. Kelayakan media maket dari beberapa hasil penelitian ini memperoleh kategori valid serta media layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Keterlaksanaan tenaga pendidik serta proses belajar peserta didik menggunakan media maket dengan berbagai model pembelajaran dari beberapa hasil penelitian tersebut mendapat kriteria sangat baik terhadap kegiatan belajar mengajar. Persentase keterlaksanaan pembelajaran tertinggi adalah penelitian yang dilakukan oleh Huriyanto (2018) yaitu sebesar 96%.&nbsp; Hasil penelitian yang dilakukan oleh Gunawan (2019) pada materi menggambar konstruksi kusen dan pintu masih terdapat hal yang kurang maksimal yakni pada material penyusunan dinilai kurang optimal. Hasil belajar peserta didik menggunakan media maket dengan berbagai model pembelajaran dari beberapa jurnal tersebut memberikan hasil belajar yang baik terhadap ketuntasan belajar peserta didik, bahkan pada penelitian yang dilakukan oleh Putro (2017) persentase hasil belajar peserta didik tuntas sebesar 100%. Sementara itu penelitian yang dilakukan oleh Gunawan (2019) mendapat persentase hasil belajar peserta didik tuntas paling rendah dari beberapa jurnal tersebut, yaitu sebesar 77,14%.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>media maket, keterlaksanaan, hasil belajar.</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>ABSTRACT</em></p> <p><em>From the results of observations and interviews with educators at SMK Negeri Kudu, that schools have not been able to optimize learning methods and media, so students are less interested in studying the material in question. then in order to increase student learning outcomes, appropriate teaching </em><em>models</em><em> and media are needed and one of them is mock-up media. This study aims to determine the feasibility, implementation, and learning outcomes of students on the use of mock-up media in building construction materials. This research</em><em> method</em> <em>is literature review research. The source of the data was obtained from several research journals concerned with the use of mock-up media in building construction learning. The feasibility of mock</em><em>-up</em><em> media from some of the results of this study obtained valid categories and appropriate media to be used in the teaching and learning process. The implementation of educators and the learning process of students using mock</em><em>-up</em><em> media with various learning models from some of the results of these studies received very good criteria for teaching and learning activities. The highest percentage of learning implementation is research conducted by Huriyanto (2018), which is 96%. The results of research conducted by Gunawan (2019) on the material for drawing frame and door construction there are still things that are less than optimal, namely that the preparation material is considered less than optimal. Student learning outcomes using mock</em><em>-up</em><em> media with various learning models from several journals provide good learning outcomes for students' learning mastery, even in a study conducted by Putro (2017) the percentage of complete student learning outcomes is 100%. Meanwhile, research conducted by Gunawan (2019) found that the percentage of complete student learning outcomes was the lowest of the journals, which was 77.14%.</em><strong><em>Keywords: </em></strong><em>mock-up media, feasibility, learning outcomes.</em></p> <p><em><br> </em></p> 2022-01-04T03:24:41+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/45429 Respon Dan Hasil Belajar Siswa Pada Penerapan Pembelajaran Google Classroom Berbasis E-modul Pada Praktikum Mata Pelajaran Teknik Pengukuran Tanah 2022-03-15T07:42:35+00:00 Devi Oktaviana devi.17050534017@mhs.unesa.ac.id Danayanti Azmi Dewi Nusantara danayantinusantara@unesa.ac.id <p>Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui (1)kelayakan media pembelajaran e-modul untuk memberikan kenyamanan dan pembelajaran<em> daring</em> melalui platform <em>google classroom</em> yang banyak igunakan pada masa pandemi Covid-19;(2)respon siswa pada media e-modul interaktif pada <em>google classroom;</em>(3)hasil pembelajaran setelah adanya penerapan media google classroom berbasis e-moul. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian <em>pre-experimental design</em>, dengan bentuk penelitian <em>one shoot case study</em>. Kesimpulan ari penelitian ini dapat diambil dari data analisis di atas (1)media pembelajaran <em>google classroom</em> layak digunakan karena memenuhi aspek validan;(2)hasil belajar siswa menunjukkan sisi positif karena kelas dapat dinyatakan tuntas belajar;(3)siswa menyukai hal baru dan inovatif dalam penyampaian materi terutama secara <em>daring.</em></p> 2022-03-15T07:40:41+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/46119 Meta-Analisis Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Desain Pemodelan & Informasi Bangunan 2022-05-17T07:49:29+00:00 Muhammad Barron Ramadhan muhammadramadhan16050534023@mhs.unesa.ac.id <p>Proses belajar mengajar menggunakan media animasi merupakan upaya untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Kurangnya pengunaan media pembelajaran pada mata pelajaran yang sulit, membosankan, dan padat teori menyebabkan peserta didik gaduh serta tidak mendengarkan penjelasan selama dilakukanya &nbsp;kegiatan belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran efektif, dan efisien memiliki peran dalam membantu &nbsp;kegiatan belajar mengajar, guna meningkatkan hasil belajar. Hasil survey dari jurnal relevan, menyatakan bahwa penurunan hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Metode penelitian yang digunakan adalah Meta-analisis, data penelitian yang digunakan adalah penelitian terdahulu yang di dapatkan dari <em>Google Scholar</em>, Jurnal <em>online</em> JKPTB Universitas Negeri Surabaya. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah <em>effect size</em>, dari sample sebanyak 7 (tujuh) jurnal penelitian yang relevan dengan penggunaan media animasi pada hasil belajar peserta didik desain pemodelan dan informasi bangunan. Hasil penelitian didapat bahwa, media pembelajaran animasi mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik DPIB dengan hasil <em>effect size</em> terbesar pada media animasi <em>powerpoint, </em>model pembelajaran <em>Drill and Practice,</em> dan mata pelajaran Mekanika Teknik.</p> <p><strong>Kata kunci :</strong> animasi, <em>effect size</em>, media pembelajaran, meta-analisis</p> 2022-05-17T07:49:29+00:00 ##submission.copyrightStatement##