https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/issue/feed Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan 2021-09-16T07:32:55+00:00 Hendra Wahyu Cahyaka, ST., MT. journal.jtsunesa@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal JKPTB merupakan kumpulan dokumentasi informasi mengenai berbagai macam mata kuliah dan mata pelajaran, diskusi pendidikan, temuan penelitian dan penyebaran pemikiran. Jurnal ini bermanfaat sebagai bahan pengajaran dan bahan belajar untuk siswa dan mahasiswa yang ingin menyelesaikan tugas akhir,laporan akhir, skripsi, refarat dan berbagai macam tugas-tugas dalam perkuliahan.Ejournal.unesa.ac.id hadir untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai macam jurnal tentang pendidikan. Dalam situs Jurnal Pendidikan ini anda dapat menemukan berbagai macam jurnal dalam bentuk PDF dan Doc.</p> https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/40355 META-ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DPIB 2021-06-18T06:56:33+00:00 Wildan Hendra Hutama wildanhutma@mhs.unesa.ac.id Suparji Suparji suparji@unesa.ac.id <p>Salah satu metode untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif dan kooperatif. Ada banyak model pembelajaran kooperatif yang dapat diterapakan pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas, salah satunya adalah model pembelajaran <em>Student Team Achievement Division </em>(STAD). Banyak penelitian yang telah membahas tentang model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kejuruan. Oleh sebab itu, perlu adanya penelitian meta-analisis mengenai penerapan model pembelajaran tersebut guna memperoleh ringkasan suatu hasil penelitian. Model <em>literature review </em>dengan metode meta-analisis <em>pre-post group contrast </em>dinilai tepat untuk meringkas hasil penelitian mengenai penerapan model pembelajaran STAD. Model <em>pre-post group contrast</em> ialah suatu metode meta-analisis dengan membandingkan nilai rerata <em>treatment pretest </em>dan <em>posttest</em>. Dengan metode pendekatan meta-analisis tersebut, diperlukan sampel jurnal untuk mewakili suatu populasi yang akan diteliti. Oleh karena itu, maka dipilihlah enam jurnal ilmiah yang membahas penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kejuruan. Pencarian enam jurnal tersebut dilakukan secara <em>online </em>pada situs JKPTB Unesa dan g<em>oogle scholar </em>dengan kata kunci “Model Pembelajaran”, “STAD”, dan “Hasil Belajar”. Sedangkan untuk teknik pemilihan artikel menggunakan teknik <em>purpo</em><em>s</em><em>ive sampling.</em> Berdasarkan analisis <em>literature review </em>baik yang dilakukan secara manual maupun melalui aplikasi JASP didapatkan hasil nilai <em>summary effect </em>atau peningkatan skor <em>pretest </em>ke <em>posttest </em>sebesar 9,77 dan taraf signifikansi <em>one-tailed</em> maupun <em>two-tailed</em><em>.</em> sebesar 0,000 &lt; 0,05. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan penerapan model pembelajaran <em>Student Team Achievement Division</em> (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik DPIB mata pelajaran kejuruan.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata</strong><strong> Kunci: </strong>Meta-Analisis, Model Pembelajaran <em>Student Team Achievement Divsison </em>(STAD), Hasil Belajar.</p> 2021-06-18T06:50:14+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/42050 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-HANDOUT PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH MATERI PENGUKURAN SIPAT DATAR KERANGKA DASAR VERTIKAL DI KELAS X KGSP SMK NEGERI 5 SURABAYA 2021-07-21T05:38:07+00:00 Tirza Milly Milansari tirza.17050534004@mhs.unesa.ac.id Danayanti Azmi Dewi Nusantara danayantinusantara@unesa.ac.id <p>KGSP (Konstruksi Gedung, Sanitasi, dan Perawatan) merupakan salah satu kompetensi keahlian di SMK Negeri 5 Surabaya. Terdapat mata pelajaran Teknik Pengukuran Tanah yang wajib ditempuh siswa KGSP. Dalam mata pelajaran ini terdapat materi pengukuran sipat datar kerangka dasar vertikal yang mengharuskan siswa untuk memahami materi tersebut. Berdasarkan pengamatan penulis pada saat PLP, pembelajaran dilakukan secara daring menggunakan <em>google meet</em>, ditemukan siswa yang kurang memahami materi pengukuran sipat datar dilihat dari penilaian harian setelah pembelajaran, beberapa siswa tidak memenuhi KKM dengan nilai 65. Media pembelajaran e-<em>handout</em> sebagai alat penunjang untuk memberikan bantuan informasi materi pembelajaran dan meningkatkan kreativitas berfikir siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui validasi perangkat pembelajaran dan hasil belajar siswa menggunakan media e-<em>handout </em>dan <em>Microsoft PowerPoint.</em> Jenis penelitian menggunakan <em>Quasy Eksperimental</em> yang dilaksanakan secara daring pada semester genap. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu X KGSP 1 menjadi kelas kontrol sebanyak 32 siswa, X KGSP 2 menjadi kelas eksperimen sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian meliputi validasi silabus, RPP, e-<em>handout</em>, dan soal <em>posttest</em> yang berbentuk lembar validasi perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data yaitu kuisioner validasi perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yaitu analisis validasi perangkat pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil validasi perangkat pembelajaran mendapatkan persentase silabus sebesar 90%, RPP sebesar 88,24%, e-<em>handout</em> sebesar 86,92%, dan soal <em>posttest</em> sebesar 87,14%. Hasil persentase seluruh validasi perangkat pembelajaran dinyatakan sangat valid karena berada diantara interval 81%-100%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol menggunakan media <em>Microsoft PowerPoint</em> yaitu 70,00 dan kelas eksperimen menggunakan media e-<em>handout</em> yaitu 80,52.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Media Pembelajaran e-<em>Handout</em>, Pengukuran Sipat Datar, Hasil Belajar.</p> 2021-07-21T05:38:07+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/40375 Meta-Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik 2021-06-18T07:13:28+00:00 tiurma sinaga tiurma.17050534018@mhs.unesa.ac.id Suparji Suparji suparji.unesa@gmail.com <p>Penggunaan media interaktif dalam materi pembelajaran mekanika teknik adalah salah satu bentuk pengembangan media menjadi lebih menarik dan mudah digunakan. Oleh&nbsp; sebab itu, peneliti ingin mengetahui besar pengaruh media pembelajaran ini terhadap mata pelajaran Mekanika Teknik. Metode yang digunakan adalah Meta-analisis dengan sampel sebanyak 6 (enam) artikel penelitian terdahulu pada jurnal pendidikan teknik bangunan yang berasal dari JKPTB UNESA dan <em>Google Scholar. </em>Analisis <em>effect size </em>pada penelitian ini adalah <em>effect size </em>penggunaan media pembelajaran interaktif, <em>effect size</em> jenis media pembelajaran interaktif yang digunakan, <em>effect size </em>materi yang diajarkan dan <em>effect size </em>format pembelajaran interaktif yang digunakan. Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif secara keseluruhan pada mata pelajaran mekanika teknik adalah berpengaruh sedang dengan &nbsp;= 0,590. Dari ke-enam jurnal yang dikaji lima jurnal menggunakan media pembelajaran elektronik dan satu jurnal menggunakan media pembelajaran non-elektronik. Di mana jurnal elektronik lebih efektif digunakan dengan &nbsp;= 0,702 berpengaruh sedang dan media non-elektronik dengan&nbsp; &nbsp;= 0,034 berpengaruh kecil. <em>Effect size </em>pada materi pembelajaran gaya-gaya dalam struktur bangunan dan susunan dan perhitungan gaya dalam struktur bangunan memiliki pengaruh yang besar dengan masing-masing &nbsp;adalah 0,801 dan 0,820, berpengaruh sedang pada materi pembelajaran gaya batang pada konstruksi rangka sederhana dengan &nbsp;= 0,284, dan berpengaruh kecil pada materi pembelajaran macam-macam gaya pada struktur bangunan dengan &nbsp;= 0,034. Serta pengaruh media pembelajaran interaktif berdasarkan format pembelajaran yang digunakan, format pembelajaran <em>Drill &amp; Practice </em>berpengaruh besar dengan &nbsp;= 0,806 dan format pembelajaran Permainan berpengaruh kecil dengan &nbsp;= 0,159.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Meta-analisis, <em>Effect Size, </em>Media Pembelajaran Interaktif, Mekanika Teknik.</p> 2021-06-18T07:13:28+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/42134 HUBUNGAN PENGALAMAN PRAKERIN DAN AKADEMIS SISWA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN: STUDI META-ANALISIS 2021-07-23T03:39:56+00:00 AULIA FATMA RAMADHANI aulia.17050534030@mhs.unesa.ac.id Suparji Suparji suparji@unesa.ac.id <p>Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengupayakan menyiapkan para lulusan memasuki dunia industri. Dalam penelitian ini didapatkan permasalahan bahwa permintaan kompetensi dunia industri yang semakin luas antara lulusan yang belum dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan dunia usaha maupun dunia industri sehingga menyebabkan meningkatnya jumlah pengangguran. Minim kemampuan siswa dan akademis siswa dalam mengerjakan pekerjaan yang sesuai dibidang kejuruannya. Hipotesis tujuan dipenelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengalaman praktik kerja industri dan kemampuan akademis siswa terhadap kesiapan kerja siswa SMK jurusan teknik gambar bangunan. Metode penelitian ini menggunakan meta-analisis dengan mengumpulkan data primer penelitian (jurnal) sebanyak 8 (delapan) artikel. Hasil pengumpulan penelitian ini yaitu jurnal nasional yang sudah terpublikasi secara online di lakukan di internet. Penelitian ini dianalisis dengan analisis korelasi. Pada analisis statistik meta-analisis korelasi terdiri dari dua komponen utama, yaitu menghitung <em>effect size</em> dan menghitung <em>summary effect</em> hal tersebut digunakan untuk mengukur hipotesis penelitian dalam studi meta-analisis korelasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini dengan menggunakan <em>software </em>JASP diketahui hasil analisis dengan <em>Random Effect-Model</em> menunjukkan bahwa hipotesis diterima ((z = 8,378; p &lt; 0,001; 95%CI (0,482;0,777)) dan memperoleh hasil nilai koefisien korelasi positif sebesar (r<sub>RE</sub> = 0,629) termasuk pada kategori tinggi.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Akademis Siswa, Kesiapan Kerja Siswa. Meta-Analisis, Pengalaman Prakerin</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Abstract</strong></p> <p>Vocational High School seeks to prepare graduates to enter the industrial world. In this research, the problem is that the demand for competence in the industrial world is getting wider between the graduates who have not been able to fully fulfill the needs of the business world or industrial world. The minimum of students' abilities and academics in doing work according to their major causes increasing of unemployment. The objective hypotheses in this study were to find out the relationship between the industrial work practice experiences and students' academic abilities to the working readiness of Vocational students majoring in Building Drawing Techniques. The research method used meta-analysis by collecting primary research data (journal) of 8 (eight) articles. The results of research collection in the form of national journals published online were conducted on the internet through Google database and Google Scholar or can be called literature. This study was analyzed with correlation analysis. In the statistical analysis, the correlation meta-analysis consists of two main components, calculating the effect size and summary effect. This was used to measure the research hypotheses in a correlation meta-analysis study. &nbsp;The conclusion from the results of this analysis used JASP software known the results of the analysis with the Random Effect-Model showed that the hypotheses are accepted ((z = 8.378; p &lt; 0.001; 95%CI (0.482;0.777)). Furthermore, the result of the positive correlation coefficient is (r<sub>RE</sub> = 0.629), including in the high category.</p> <p><strong>Keywords: </strong>Meta-Analysis, Industrial Work Practice Experience, Students’ Academic, Students’ Working Readiness</p> 2021-07-23T03:39:56+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/40662 Penerapan Media Pembelajaran SketchUp Dengan Model Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 1 Madiun Pada Mata Pelajaran Dasar - Dasar Kontruksi Bangunan 2021-06-27T23:06:39+00:00 Yuliana Eka Pramesti yuliana.17050534013@mhs.unesa.ac.id Agus Wiyono aguswiyono@unesa.ac.id <p>Media pembelajaran merupakan alat yang membantu guru untuk menyampaikan materi yang ada. Metode pembelajaran adalah skenario pembelajaran, untuk memudahkan penyampaian materi. Keduanya sangat penting dalam proses penyampaian materi. &nbsp;Maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang 1) Hasil belajar siswa, 2) Motivasi belajar siswa, dan 3) Keterlaksanaan pembelajaran dengan penerapan media pembelajaran <em>SketchUp</em> dengan model <em>Inquiry</em> Terbimbing pada mata pelajaran Dasar – Dasar Kontruksi Bangunan Dan Properti.</p> <p>Agar mendapatkan data yang relevan, jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subjek kelas X DPIB 1 SMK N 1 Madiun, yang mana dalam satu kelas berisi 36 siswa. Dan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes (terdiri <em>Post Test</em> dan<em> Pre Test</em>) dan wawancara.</p> <p>Dari pengamatan tersebut menghasilkan data sebagai berikut: 1) Hasil belajar siswa pada aspek kognitif untuk &nbsp;siklus I memiliki prosentase sebesar 39% sedangkan pada siklus II mendapatkan prosentase sebesar 86%. Aspek psikomotor siklus I sebesar 56 %, sedangkan &nbsp;siklus II memiliki prosentase sebesar 67 %. 2) motivasi belajar siswa saat proses pembelajaran, memiliki prosentase pada siklus I sebesar 45.83% sedangkan hasil prosentase siklus II sebesar 63.88 %. Dari hasil tersebut terdapat kenaikan pada setiap siklus, penerapan media <em>SketchUp</em> dengan model pembelajaran <em>Inquiry</em> terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran. 3) Keterlaksanaan proses pembelajaran juga dikategorikan baik,dengan peningkatan presentase sebesar 7%. Dapat dikatakan pemahaman siswa dengan penelitian ini meningkat, dan kreatifitas guru juga meningkat.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong><strong>: </strong>Motivasi, Hasil Belajar, PTK</p> 2021-06-27T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/42774 RELEVANSI KOMPETENSI MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK & PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DENGAN KEBUTUHAN INDUSTRI BAGI LULUSAN DPIB SMKN 1 NGANJUK 2021-08-30T05:25:11+00:00 Fahd Akbar Mauladewa fahdakbarmauladewa@gmail.com Elizabeth Titiek Winanti titiekwinanti@unesa.ac.id <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan tingkat kompetensi yang relevan antara mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan <em>interior</em> gedung di jurusan desain pemodelan dan informasi bangunan&nbsp; (DPIB) SMKN 1 Nganjuk dengan dunia industri. Sebagai objek dari penelitian ini adalah lulusan jurusan DPIB SMKN 1 Nganjuk dan industri lokasi lulusan bekerja. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode dokumentasi. Keabsahan instrumen penelitian, dilakukan pengujian validitas dari perhitungan diperoleh hasil yang valid. Sedangkan untuk menguji kredibilitas instrumen menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dari proses uji kredibilitas instrumen yang digunakan diperoleh hasil bahwa instrumen sudah kredibel. Analisis dari data ini yaitu analisa statik deskriptif dengan hasil berupa persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi yang diajarkan pada kompetensi keahlian Pemodelan Bangunan dan Desain Informasi (DPIB) SMKN 1 Nganjuk termasuk dalam kategori relevan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase relevansi kompetensi antara mata kuliah dan kebutuhan industri yaitu sebesar 85,38% dari dua puluh enam kompetensi oleh lima belas perusahaan sebagai responden, yaitu: PT. Khamim Putra Suadah, CV. Proyek Kuning, CV. Jati Tunggak Seki, Konsultan Kemajuan, Konsultan Kemajuan, CV. Ganendra, PT Jaya Kontruksi, PT Total Cipta Persada Surabaya, PT Purnama Karya Cipta Indo, Sannur Architect, Progress Consultant, PT. Gada Elang Perkasa, CV. Pelita, CV. Sutikno, PT. Arkon Multi Dimensi.</p> <p><strong>&nbsp;</strong><strong>Kata Kunci: </strong>Dunia industri, Kompetensi, Mata pelajaran, Relevansi.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstract</strong></p> <p>This research was used to obtain the relevant level of the competence between the subjects “software application and building interior design” in the Department of Modeling and Building Information Design (DPIB) SMKN 1 Nganjuk and the industrial world. The objects of this research were the graduates from DPIB SMKN 1 Nganjuk and the industry where the graduates work. This research is classified as the type of descriptive research. The validity of the research instrument, used validity test, the results of the test obtained was valid. Meanwhile, to test the credibility of the instrument, we used extension technique, increased persistence, and triangulation. The result of this process was credible. Data analysis used descriptive static analysis, and the output was a percentage. The results of this study indicated that the competency of software application &amp; building interior design subjects based on the curriculum syllabuses taught in the Building Modeling and Information Design (DPIB) skill competency of SMKN 1 Nganjuk, which is included in the relevant category. It was indicated by the average percentage of competency relevance between courses and industry needs, which is 85.38% of the twenty-six competencies by fifteen companies as respondents, i.e., PT. Khamim Putra Suadah, CV. Proyek Kuning, CV. Jati Tunggak Seki, Konsultan Kemajuan, Konsultan Kemajuan, CV. Ganendra, PT Jaya Kontruksi, PT Total Cipta Persada Surabaya, PT Purnama Karya Cipta Indo, Sannur Architect, Progress Consultant, PT. Gada Elang Perkasa, CV. Pelita, CV. Sutikno, PT. Arkon Multi Dimensi.</p> <p>&nbsp;<strong>Keywords:</strong> Competence, Industrial world, Relevance, Subjects</p> 2021-08-30T05:25:11+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/41223 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI PENGUKURAN SIPAT DATAR PROFIL MEMANJANG PADA KELAS X DPIB SMK NEGERI 3 SURABAYA 2021-07-06T12:26:10+00:00 Muhammad Aldy Karunia Saputra muhammad.17050534034@mhs.unesa.ac.id Danayanti Azmi Dewi Nusantara danayantinusantara@unesa.ac.id <p>Media pembelajaran merupakan suatu perangkat yang digunakan oleh siswa dan pendidik untuk mendukung proses kegiatan pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk menguji layak atau tidaknya media pembelajaran. Selain itu, juga untuk mengetahui bagaimana respon siswa mengenai pembelajaran dengan bantuan media pembelajaran berbasis android pada materi pengukuran sipat datar profil memanjang. <em>Research and Development </em>merupakan metode yang dipilih dalam penelitian ini yang bertujuan untuk membuat produk media dan mengujinya. Penelitian ini merujuk kepada Borg dan Gall yang mengalami beberapa adaptasi tahapan penelitian. Hasil adaptasi model penelitian ini menghasilkan 6 tahapan pengembagan antara lain, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan yang terakhir uji coba produk terbatas. Uji coba produk terbatas diterapkan pada siswa kelas X DPIB sebanyak 2 kelas, dimana setiap kelasnya terdiri dari 36 siswa di SMK Negeri 3 Surabaya. Hasil dari validasi perangkat dan media pembelajaran berbasis <em>android</em> ini didapatkan nilai silabus sebesar 80,00%, RPP sebesar 78,42%, materi sebesar 80,83%, soal evaluasi sebesar 81,25% dan media pembelajaran dengan berbasis android sebesar 81,11% dengan nilai rata-rata 80,32 yang termasuk kategori baik. Respon siswa sendiri mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82,44% yang termasuk kategori sangat baik.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Media Pembelajaran, <em>Android</em>, Kelayakan Media, Respon Siswa</p> 2021-07-06T12:26:10+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/41237 META ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI 2021-07-07T04:32:41+00:00 Mokhammad Rifaldi mokhammad.17050534003@mhs.unesa.ac.id Suparji Suparji suparji@unesa.ac.id <p>Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang efektif dapat membuat peserta didik mengerti dan memahami sebuah materi yang disampaikan oleh seorang pendidik. Salah satu sarana dalam proses pembelajaran adalah media/perangkat pembelajaran, diantaranya yaitu media elektronik dan media cetak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi. Metode yang digunakan pada <em>literature review</em> ini adalah metode meta-analisis. Jurnal yang dianalisis berasal dari Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan UNESA dan <em>Google Scholar</em> sebanyak lima jurnal. Dalam penelitian ini analisis yang dikaji adalah <em>effect size</em> dari penerapan media pembelajaran pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi, diantaranya yaitu hasil belajar, klasifikasi media, format pembelajaran, dan materi yang diajarkan. <em>Effect size</em> pengaruh penerapan media pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi dengan &nbsp;sebesar 0,792 kategori standar sedang. Dari keseluruhan jurnal yang dikaji diperoleh tiga jurnal yang menggunakan media cetak dengan &nbsp;sebesar 1,026 dan dua jurnal yang lain menggunakan media elektronik dengan &nbsp;sebesar 0,441. Dengan hasil <em>effect size</em> tersebut menunjukan bahwa penerapan media cetak memiliki pengaruh yang besar dalam hasil belajar peserta didik. <em>Effect size</em> pada format pembelajaran <em>Drill &amp; Practice </em>berpengaruh sedang dengan &nbsp;sebesar 0,792. <em>Effect size</em> materi yang diajarkan diperoleh pengaruh yang besar pada materi mengkategorikan macam-macam pekerjaan konstruksi kayu dengan &nbsp;sebesar 2,162. <em>Effect size</em> pada materi menghitung rencana angaran biaya beton bertulang berpengaruh sedang&nbsp; dengan &nbsp;sebesar 0,458. <em>Effect size</em> pada materi menghitung volume pekerjaan bangunan gedung berpengaruh sedang dengan &nbsp;sebesar 0,444. <em>Effect size</em> materi menghitung dinding, atap, dan sanitasi berpengaruh sedang dengan &nbsp;sebesar 0,438.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> <em>Effect Size, </em>Media Pembelajaran, Meta-analisis.</p> 2021-07-07T04:32:41+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/41362 LITERATUR REVIEW: PENERAPAN MEDIA SKETCHUP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI MENGGAMBAR POTONGAN RUMAH 1 LANTAI DI SMK 2021-07-08T12:20:28+00:00 Adi Prayoga adi.prayoga.ap10@gmail.com Feriza Nadiar ferizanadiar@unesa.ac.id <p>Siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang disiapkan untuk dapat terjun langsung ke dunia kerja setelah lulus mengharuskan siswa agar memahami materi yang disampaikan oleh guru. Namun media belajar yang disediakan sekolah kurang dimanfaatkan secara maksimal,serta kurangnya inovasi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru yang berdampak pada motivasi belajar, pemahaman dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang tepat diterapkandi tingkat Sekolah Menengah Kejuruan adalah <em>Project</em> <em>Based</em> <em>Learning(PjBL)</em> dengan menerapkan media <em>Sketchup</em> agar siswa dapat melihat gambar secara 3D. Penulisan artikel ini dimaksudkan untuk mengetahui: (1) kelayakan media <em>Sketchup</em> dengan model pembelajaran <em>Project</em> <em>Based</em> <em>Learning (PjBL)</em>; (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media <em>Sketchup</em> dengan model pembelajaran <em>Project</em> <em>Based</em> <em>Learning (PjBL)</em>; (3) hasil belajar siswa terhadap penerapan media <em>Sketchup</em> dengan model pembelajaran <em>Projec</em><em>t </em><em>Based</em> <em>Learning (PjBL)</em> pada materi menggambar potongan rumah 1 lantai. Metode yang digunakan adalah <em>literature rewiew</em>, langkah langkah yang digunakan penelitian ini: (1) merumuskan masalah (2) mengumpulkan data (3) mengevaluasi kelayakan data (4) menganalisis temuan penelitian (5) mengatur dan menyajikan hasil. Hasil dari 5 jurnal yang telah di review mendapatkan hasil: (1) kelayakan media <em>Sketchup</em> mendapatkan kategori layak hingga sangatlayak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan model pembelajaran <em>ProjectBased</em> <em>Learning (PjBL)</em>, (2) keterlaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan memperoleh kategori sangat baik, (3) hasil belajar siswa menggunakan media <em>Sketchup</em> dengan model pembelajaran <em>Project Based Learning (PjBL)</em> pada materi menggambar potongan rumah 1 lantai mendapat persentase81 – 100% dengan kategori sangat tinggi.</p> <p>Kata Kunci : <em>Sketchup</em>,<em> Project Based Learning, </em>Hasil Belajar Siswa.</p> 2021-07-08T12:20:28+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/41379 VALIDASI PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN MEDIA MINIATUR PONDASI FOOT PLATE PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMKN 1 MOJOKERTO 2021-07-08T12:24:41+00:00 Peggy Nur Laili Evanda peggyevanda16050534036@mhs.unesa.ac.id Mas Suryanto HS massuryantohs@unesa.ac.id <p>Berdasarkan observasi pada saat kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) di SMKN 1 Mojokerto, ditemukan masalah khususnya pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi (EBK). Mata pelajaran EBK dianggap sulit karena memerlukan keterampilan dalam memvisualisasikan gambar kerja ke dalam perhitungan serta belum diterapkan media yang menarik dan efektif pada kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu adanya penerapan media miniatur yang dapat mengatasi masalah tersebut. Namun, perangkat dan media pembelajaran yang akan digunakan harus berstatus valid terlebih dahulu. Penelitian ini memiliki tujuan mengukur taraf kevalidan dari perangkat dan media miniatur pondasi <em>foot plate</em>. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Perangkat yang divalidasi berupa silabus, RPP, <em>handout</em>, tes hasil belajar dan media miniatur pondasi <em>foot plate</em>. Validasi perangkat pembelajaran dan media pembelajaran dilakukan oleh dua validator, yakni dosen ahli Teknik Sipil Universitas Negeri Surabaya dan guru pengampu mata pelajaran EBK SMKN 1 Mojokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas silabus yaitu 82%, validitas RPP yaitu 83%, validitas <em>handout </em>yaitu 82%, validitas tes hasil belajar yaitu 85%, dan validitas media miniatur pondasi <em>foot plate </em>yaitu 87%. Validitas dari perangkat dan media pembelajaran masuk kategori sangat valid jika dicocokkan dengan tabel kriteria validitas. Dengan demikian, perangkat dan media miniatur pondasi <em>foot plate</em> dapat diterapkan pada proses pembelajaran.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>validasi perangkat pembelajaran, miniatur pondasi <em>foot plate</em>.</p> 2021-07-08T12:24:41+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/41800 STUDI TENTANG MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMK 2021-07-15T03:46:52+00:00 Mahmu Datu Rofiah mahmurofiah16050534020@mhs.unesa.ac.id Mas Suryanto HS massuryantohs@unesa.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Permasalahan utama pada mata pelajaran produktif Estimasi Biaya Konstruksi (EBK) yaitu peserta didik kurang memahami komponen-komponen materi, sehingga EBK terkesan sebagai mata pelajaran yang sulit. Penggunaan model dan media pembelajaran yang tepat diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dilaksanakannya penelitian ilmiah ini, antara lain: (1) mengetahui model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada pembelajaran mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK, (2) mengetahui media pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK. Metode yang diterapkan pada penelitian adalah Meta-Analisis. Sumber data utama yaitu data sekunder dari sepuluh jurnal dan skripsi. Analisis data dilakukan dengan pemberian kode (</span><em><span style="font-weight: 400;">coding category</span></em><span style="font-weight: 400;">), perhitungan&nbsp; </span><em><span style="font-weight: 400;">effect size</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan disimpulkan. Hasil perhitungan </span><em><span style="font-weight: 400;">effect size</span></em><span style="font-weight: 400;"> penelitian penerapan model pembelajaran metode </span><em><span style="font-weight: 400;">Kooperatif Group Investigation</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan media pembelajaran </span><em><span style="font-weight: 400;">Powerpoint</span></em><span style="font-weight: 400;"> memiliki </span><em><span style="font-weight: 400;">effect size</span></em><span style="font-weight: 400;"> tertinggi sebesar 3,35, dikonversikan ke dalam daftar kurva normal menjadi 0,4996. Nilai tersebut berarti penerapan model </span><em><span style="font-weight: 400;">Kooperatif Group Investigation</span></em><span style="font-weight: 400;"> dengan media pembelajaran </span><em><span style="font-weight: 400;">Powerpoint</span></em><span style="font-weight: 400;"> memberikan pengaruh sebanyak 49,96% terhadap keberhasilan belajar bagi peserta didik pada pembelajaran Estimasi Biaya Estimasi di SMK. Model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada pembelajaran mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK adalah </span><em><span style="font-weight: 400;">Kooperatif Group Investigation</span></em><span style="font-weight: 400;">, dan media pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK adalah </span><em><span style="font-weight: 400;">Powerpoint</span></em><span style="font-weight: 400;">.&nbsp;</span></p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><span style="font-weight: 400;">Estimasi Biaya Konstruksi, </span><em><span style="font-weight: 400;">Kooperatif Group Investigation</span></em><span style="font-weight: 400;">, Model dan media pembelajaran,&nbsp;</span><em><span style="font-weight: 400;">Powerpoint.</span></em></p> 2021-07-15T03:46:52+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/41884 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL PRAKTIK PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI DAN ILMU UKUR TANAH SMKN 3 SURABAYA 2021-07-16T08:15:18+00:00 Chandra Aditya Muhtar chandra.17050534007@mhs.unesa.ac.id SOEPARNO SOEPARNO soeparno@unesa.ac.id <p>Untuk mengatasi kondisi pada pandemi saat ini, sistem pembelajaran di SMKN 3 Surabaya dilakukan secara online. Oleh sebab itu pendidik perlu menggunakan media pembelajaran yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun, salah satu penerapan media pembelajarannya ialah berbasis media video tutorial. Pada penelitian ini dilakukan untuk memperoleh nilai hasil dari kelayakan perangkat pembelajaran, media pembelajaran dan respon peserta didik terhadap penggunaan media video tutorial praktik dalam mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan ilmu ukur tanah di SMK Negeri 3 Surabaya. Dalam penelitian ini memakai metode <em>Research and Development</em> &nbsp;dan terdapat 6 tahapan yang dipakai yaitu meliputi beberapa tahapan yaitu (1) potensi masalah, (2) pemgumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) uji coba produk. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara dan metode angket yang instrumennya berupa lembar angket validasi kelayakan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian dari perangkat pembelajaran untuk silabus rata-rata nilainya sebesar 86,94%, artinya tergolong dalam kriteria interprestasi skor sangat valid. Dan untuk hasil dari RPP juga masuk dalam kriteria sangat valid yang memperoleh nilai sebesar 86,25%. Hasil penelitian dari media video tutorial memperoleh rata-rata tersebut sebesar 84,4% yang artinya masuk dalam kriteria interprestasi skor sangat valid. Hasil dari respon peserta didik SMKN 3 Surabaya diketahui untuk kelas X-DPIB I didapati nilai rata-rata sebesar 82,56%, sedangkan untuk kelas X-DPIB II nilai rata-ratanya sebesar 84,50%. Sehingga jika dirata-rata antara kedua kelas tersebut mendapatkan hasil respon sebesar 83,53%. Dari hasil tersebut maka respon peserta didik pada media video tutorial sangat baik untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.</p> 2021-07-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/41863 PENERAPAN E-MODUL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. 2021-07-17T03:46:21+00:00 Haliyyatun Najwa haliyyatun.17050534002@mhs.unesa.ac.id Bambang Sabariman bambangsabariman@unesa.ac.id <p>Pandemi COVID-19 membuat pendidikan di Indonesia mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran, sehingga diperlukan penyusunan strategi dan metode pembelajaran yang tepat pada saat pembelajaran <em>online </em>saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tingkat efektivitas keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran <em>problem based learning</em> menggunakan media e-modul. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan penelitian <em>Eksperiment</em> <em>Design</em> dengan model penelitian <em>Posttest Only Control Design</em> yang didalamnya terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB SMK &nbsp;Negeri 3 Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar. Analisis hasil belajar menggunakan uji-t (perbedaan dua mean). Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran kelas X DPIB I rata-rata 78% dan untuk X DPIB II rata-rata 82,6% termasuk kategori baik. Hasil belajar kelas kontrol (tanpa e-modul) mendapatkan nilai rata-rata 61,72 dan hasil belajar kelas eksperimen (menggunakan e-modul) mendapatkan nilai rata-rata 77,10. Hasil uji-t (perbedaan dua mean) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan t<sub>hitung</sub>=4,688 ≥ t<sub>tabel</sub>=2,003. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar siswa yang menggunakan e-modul lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran langsung.</p> 2021-07-17T03:46:21+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/42560 PENGEMBANGAN E-HANDOUT KELAS XI BKP SMKN 1 MADIUN MATA PELAJARAN PERENCANAAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI 2021-08-05T07:25:05+00:00 Khisti Anisa monica Putri khistianisa07@gmail.com Soeparno Soeparno soeparno@unesa.ac.id <p>Pendidikan di Indonesia saat ini sedang mengalami perubahan pembelajaran yang mengharuskan peserta didik melakukan kegiatan belajar secara <em>online, </em>salah satunya di SMK Negeri 1 Madiun. Hal ini membuat peserta didik memerlukan sebuah media pembelajaran yang dapat dipelajari secara mudah, menarik, dan ringkas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa <em>E-Handout </em>yang layak digunakan, dan (2) Mengetahui respon peserta didik setelah diberikannya media tersebut pada mata pelajaran Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti, materi Perencanaan Tenaga Kerja di SMK Negeri 1 Madiun. Penelitian ini menggunakan metode <em>4D </em>dengan 4 tahapan yang dimiliki yaitu (1) Pendefinisian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, dan (4) Penyebaran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, hingga penyebaran angket terhadap pihak terkait, yang pada hal ini adalah dosen Teknik Sipil UNESA beserta guru yang bersangkutan di SMK Negeri 1 Madiun sebagai validator perangkat pembelajaran untuk menguji kelayakan silabus, RPP, dan media pembelajaran berupa &nbsp;<em>E-Handout, </em>sedangkan untuk respon peserta didik sendiri akan diisi oleh peserta didik siswi kelas XI BKP SMK Negeri 1 Madiun, 30 peserta didik berasal dari XI BKP 1 dan 28 peserta didik dari XI BKP 2. Hasil analisis data, diperoleh persentase 81.54% untuk uji validasi silabus yang masuk pada kriteria sangat valid, 82.31% untuk uji validasi RPP yang masuk pada kriteria sangat valid, 75. 45% untuk uji validasi materi yang masuk pada kriteria valid, dan 85.29% untuk uji validasi media yaitu <em>E-Handout </em>yang masuk pada kriteria sangat valid sesuai dengan interval skala penilaian<em>. </em>Hasil akhir respon peserta didik sendiri memperoleh nilai persentase nilai 79.27% dari kelas XI BKP 1 dan 83.21% dari kelas XI BKP 2, dengan rata-rata akhir 80.59% yang masuk pada kriteria baik sesuai dengan interval skala penilaian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa <em>E-Handout </em>layak digunakan dalam kegaiatan pembelajaran.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>E-Handout, </em>Respon Peserta didik, Validasi.</p> 2021-08-05T07:25:05+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/42726 ANALISIS DESKRIPTIF TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E - MODUL INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE APLIKASI LECTORA INSPIRE 2021-08-25T02:47:12+00:00 Aldi Masda Kusuma aldi.17050534008@mhs.unesa.ac.id Purwo Mahardi purwomahardi@unesa.ac.id <p>Pada era digitalisasi saat ini, media berperan penting dalam pembelajaran. Namun, dari permasalahan yang diperoleh bahwa di kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di SMKN 3 Surabaya, tahun ajaran 2020/2021 guru masih belum menggunakan peran media penunjang individu sebagai media belajar interaktif siswa. Karena, selain keterbatasan media guru hanya memberikan bahan ajar berupa Modul Elektronik yang belum dilengkapi gambar, audio, dan video. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media E – Modul yang bersifat interaktif dengan salah satunya menggunakan aplikasi <em>Lectora Inspire</em>. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendapatkan nilai persentase hasil analisis deskriptif terhadap aspek kelayakan media E – Modul Interaktif berbasis software aplikasi <em>Lectora Inspire</em>, dan respon siswa terhadap media E – Modul Interaktif berbasis software aplikasi <em>Lectora Inspire</em>. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif terhadap 10 jurnal tentang pengembangan media E – Modul berbasis <em>Lectora Inspire</em>. Berdasarkan hasil analisis satitistik deskriptif diperoleh nilai data persentase rata – rata kelayakan media E – Modul interaktif berbasis software aplikasi <em>Lectora Inspire </em>meliputi aspek tampilan media yaitu 78,65% dengan kriteria ‘‘layak’’, aspek segi bahasa 78,83% kriteria ‘‘layak’’, aspek isi atau materi 85,57% kriteria sangat layak, aspek kemudahan teknologi 77,3% kriteria ‘‘layak’’, aspek keterbacaan 84% kriteria ‘‘sangat layak’’ , dan aspek umpan balik siswa 85,19% kriteria ‘‘sangat layak’’. Maka, secara keseluruhan nilai variabel aspek kelayakan, diperoleh nilai yang mewakili rata – rata&nbsp; kelayakan media sebesar 81,60 % dengan kriteria ‘‘sangat layak’’. Selanjutnya, dari&nbsp; hasil analisis deskriptif data tentang&nbsp; penilaian respon siswa terhadap ketertarikan segi kualitas tampilan, isi, dan kemudahan teknologi memperoleh persentase rata – rata yang mewakili data sebesar 81,51% dengan kriteria yaitu ‘‘sangat layak’’.&nbsp;Kata Kunci: analisis deskriptif, e – modul interaktif, kelayakan media, <em>lectora inspire</em>, respon siswa.</p> <p>In the current era of digitalization, media plays an important role in learning. However, from the problems obtained in class XI Modeling and Building Information Design (DPIB) at SMKN 3 Surabaya, the 2020/2021 school year teachers still have not used the role of individual supporting media as a medium for student interactive learning. Because, in addition to the limitations of the media, the teacher only provides teaching materials in the form of Electronic Modules that have not been equipped with pictures, audio, and video. Therefore, it is necessary to develop interactive E-Module media, one of which is using the application Lectora Inspire. The purpose of this study is to get the percentage value of the results of descriptive analysis of the feasibility aspect of the E-Module Interactive media based on the application&nbsp; Lectora Inspire, and student responses to the E-Module Interactive media based on the application&nbsp; Lectora Inspire software. The method used in this research is a descriptive analysis method to 10 journals about the development of E-Module media based on Lectora Inspire. Based on the results of analysis statistical descriptive, it is obtained that the average percentage data value of the feasibility of the E - interactive module based on the application Lectora Inspire software includes the media display aspect, namely 78.65% with the "feasible" criteria, the language aspect 78,83% the '' feasible'', content or material aspect 85.57% very feasible, technology ease aspect 77.3% ''feasible'', readability aspect 84% ''very feasible'' criteria, and student feedback aspect 85.19 % criteria ''very feasible''. So, the overall value of the feasibility aspect variable, obtained a value that represents the media's average feasibility of 81.60% with the criteria of ''very feasible''. Furthermore, from the results of descriptive analysis of data on the assessment of student responses to interest in terms of display quality, content, and ease of technology, the average percentage representing the data is 81.51% with the criteria of ''very decent''.&nbsp;Keywords: descriptive analysis, e – interactive module, media eligibility, lectora inspire, student response</p> <p>&nbsp;</p> 2021-08-25T02:47:12+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/42841 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TYPE QUIZ TEAM DAPAT MENUNTASKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT DI SMK 2021-09-13T01:21:38+00:00 Reky Tri Prasetyo rekyanggara@mhs.unesa.ac.id Indiah Kustini indiahkustini@unesa.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran mata diklat di SMK adalah peran guru dalam model pembelajaran yang sesuai. Penentuan pemakaian model pembelajaran yang cocok bisa memberi bekal keterampilan yang baik karena kegiatan belajar mengajar 60% berwujud praktik pada lapangan. Salah satu penerapan model pembelajaran yang diharapkan siswa bisa aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatan hasil pembelajaran adalah </span><em><span style="font-weight: 400;">active</span></em> <em><span style="font-weight: 400;">learning </span></em><span style="font-weight: 400;">tipe </span><em><span style="font-weight: 400;">quiz team </span></em><span style="font-weight: 400;">perlu di telaah dari beberapa artikel. Tujuan dari menelaah artikel penerapan model pembelajaran </span><em><span style="font-weight: 400;">active learning type quiz team </span></em><span style="font-weight: 400;">di SMK adalah untuk mendeskripsikan bahwa penerapan model tersebut di SMK menjadikan peserta didik aktif ketika kegiatan belajar mengajar yang berakibat hasil belajar bisa tuntas 75% dari nilai KKM yang ditentukan. Metode menelaah artikel yang digunakan </span><em><span style="font-weight: 400;">literatur review</span></em><span style="font-weight: 400;">. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literature. Teknik analisis data dilakukam secara bertahap yakni proses mengumpulkan data reduksi hasil data menyajikan data pembahasan hasil pengumpulan data berahkir penarikan kesimpulan. Berdasarkan pembahasan studi literatur 5 jurnal penelitian pendidikan tentang model </span><em><span style="font-weight: 400;">active learning type quiz team</span></em><span style="font-weight: 400;"> disimpulkan bahwa kualitas belajar dapat ditingkatkan dengan bukti hasil belajar setelah pembelajaran selesai nilai rerata kelas yang tuntas ≥ 75% dengan nilai KKM yang sudah ditentukan yaitu 75 jadi penerapan model </span><em><span style="font-weight: 400;">active learning type quiz team </span></em><span style="font-weight: 400;">di SMK mampu menuntaskan hasil belajar peserta didik.&nbsp;</span></p> 2021-09-13T01:21:38+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/42778 Kelayakan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Animasi Sketchup Pada Perhitungan Volume dan Kebutuhan Bahan Pekerjaan Kolom Di SMKN 1 Mojokerto 2021-09-16T07:32:55+00:00 siti badriah sitibadriah16050534041@mhs.unesa.ac.id mas suryanto massuryantohs@unesa.ac.id <p>Estimasi Biaya Konstruksi pada materi perhitungan volume dan kebutuhan bahan merupakan materi yang sulit bagi siswa SMK, karena kurangnya penggunaan perangkat pembelajaran dan media yang tervalidasi dan dorongan terhadap siswa agar dapat membayangkan pekerjaan struktur yang akan dihitung, sehingga materi akan dijelaskan dengan media yang berbasis 3 dimensi (3D) yaitu animasi <em>sketchup</em>. Penelitian memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dan media animasi <em>sketchup</em>. Pengambilan data validasi melalui pengisian angket oleh validator yaitu dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan guru SMKN 1 Mojokerto. Validator menilai melalui angket dengan skala pengukuran, yaitu 5 (sangat layak), 4 (layak), 3 (cukup), 2 (kurang layak), dan 1 (tidak layak). Data validasi kemudian dianalisis dan diinterprestasi pada skor penilaian yaitu 81%-100% (sangat layak), 61%-80% (layak), 41%-60% (cukup), 21%-40% (kurang layak), dan 0%-20% (tidak layak). Rata-rata presentase pada silabus adalah 94,29% dengan aspek perwajahan dan tata letak yaitu 96,67%, isi yaitu 92,22%, bahasa yaitu 100%. Rata-rata presentase RPP adalah 92,63% dengan aspek perwajahan dan tata letak yaitu 100%, isi yaitu 87,14%, skenario/ kegiatan belajar mengajar yaitu 90%, bahasa yaitu 100%, dan penilaian yaitu 100%. Rata-rata presentase soal evaluasi siswa adalah 96,60% dengan aspek perwajahan dan tata letak yaitu 97,50%, isi yaitu 95%, dan bahasa yaitu 97,50%. Rata-rata presentase media animasi <em>sketchup</em> adalah 81,25% dengan aspek materi yaitu 95%, ilustrasi yaitu 100%, kualitas dan tampilan media yaitu 90%, dan daya tarik yaitu 80%. ). Hasil validasi perangkat pembelajaran dan media animasi <em>sketchup </em>dikategorikan “sangat layak”.</p> 2021-09-08T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##