Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb <p>Jurnal JKPTB merupakan kumpulan dokumentasi informasi mengenai berbagai macam mata kuliah dan mata pelajaran, diskusi pendidikan, temuan penelitian dan penyebaran pemikiran. Jurnal ini bermanfaat sebagai bahan pengajaran dan bahan belajar untuk siswa dan mahasiswa yang ingin menyelesaikan tugas akhir,laporan akhir, skripsi, refarat dan berbagai macam tugas-tugas dalam perkuliahan.Ejournal.unesa.ac.id hadir untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai macam jurnal tentang pendidikan. Dalam situs Jurnal Pendidikan ini anda dapat menemukan berbagai macam jurnal dalam bentuk PDF dan Doc.</p> en-US journal.jtsunesa@gmail.com (Heri Suryaman, S.Pd., M.Pd.) eko@mail2007.com (Eko Heru Santoso, A.Md.) Sat, 04 May 2024 01:40:37 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/59319 <p>Hasil observasi kegiatan pembelajaran EBK kelas XII KGSP di SMK Negeri 5 Surabaya menunjukkan bahwa beberapa siswa dengan karakteristik yang berbeda masih mengalami kesulitan untuk menganalisis dan menyelesaikan masalah dalam perhitungan estimasi biaya konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa dengan gaya kognitif <em>FI</em> dan gaya kognitif <em>FD </em>dalam pembelajaran EBK. Dalam penelitian ini, diterapkan metode <em>Quasi Experimental Design-Posttest Only Control Design-Factorial Experimental 2x2</em> pada 71 sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui <em>post-test</em> hasil belajar dengan instrumen <em>essay</em> dan uji gaya kognitif dengan instrumen <em>GEFT</em> untuk mengklasifikasikan gaya kognitif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan Anava 2 jalur dengan bantuan <em>SPSS</em> <em>20</em>. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi 0,0001 &lt; 0,05 yang artinya H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima yang menginterpretasikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa dengan gaya kognitif <em>FI</em> dan gaya kognitif <em>FD </em>dalam pembelajaran EBK.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Gaya Kognitif, Hasil Belajar, Estimasi Biaya Konstruksi.</p> Mirotus Sakdiah, Gde Agus Yudha Prawira Adistana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/59319 Sat, 04 May 2024 01:35:06 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI BERBASIS QR CODE DENGAN MODEL MANTAP PADA MATA PELAJARAN PELAKSANAAN PENGAWASAN KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMKN 3 SURABAYA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/59590 <p>Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilatarbelakangi dari permasalahan bahwa masih ditemukan siswa melakukan tindak kecurangan pada saat pelaksanaan evaluasi harian yang mempengaruhi pada rendahnya motivasi belajar siswa. Diperlukan adanya pengembangan alat evaluasi dengan keketatan yang tinggi yaitu dengan pengembangan media <em>QR Code</em>. Tujuan penelitian ini ialah untuk menghasilkan media evaluasi berbasis <em>QR Code</em>, mendeskripsikan kelayakan media evaluasi, mendeskripsikan hasil belajar ranah afektif pada saat pelaksanaan assessment, dan mengetahui respons siswa terhadap media evaluasi <em>QR Code</em>. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian 5 tahap Mantap yang terdiri dari penelitian pendahuluan, pengembangan model, uji validitas model, uji efektifitas, dan diseminasi. Subyek penelitian yaitu siswa jurusan bisnis konstruksi dan properti di SMKN 3 Surabaya berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan wawancara, validasi dan penilaian <em>QR Code</em>, lembar observasi hasil belajar ranah afektif, serta lembar respons siswa. Hasil media evaluasi berupa <em>QR Code</em> telah divalidasikan oleh ahli dalam bidang bisnis konstruksi dan properti. Media dinyatakan layak digunakan sebagai media evaluasi dengan persentase 87,5% dengan kategori sangat layak. Hasil observasi ranah afektif dari pengembangan <em>QR Code</em> memperoleh nilai 18 dengan kategori sangat baik. Hasil respons siswa diperoleh persentase 92,4% dengan kategori sangat menarik. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian ini adalah media <em>QR Code</em> dinyatakan layak digunakan sebagai media evaluasi, sehingga pelaksanaan evaluasi memiliki tingkat keketatan yang tinggi sehingga mengurangi siswa mencontek dalam pelaksanaan <em>assessment</em>. Saran untuk program sejenis selanjutnya ialah untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut dengan pokok bahasan lainnya dengansasaran yang lebih luas.</p> Arvieka Sabilla Putri Setiadi, Gde Agus Yudha Prawira Adistana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/59590 Tue, 21 May 2024 01:22:28 +0000