PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA LAKI – LAKI KELAS VII DI KOTA DAN DI DESA (studi kasus pada tingkat aktivitas fisik siswa dan partisipasi kegiatan olahraga di Kabupaten Bojonegoro)

  • ARINDRA WAHYU NUGRAHA

Abstract

PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA LAKI – LAKI KELAS VII DI KOTA DAN DI DESA (studi kasus pada tingkat aktivitas fisik siswa dan partisipasi kegiatan olahraga di Kabupaten Bojonegoro)
Arindra Wahyu Nugraha
Mokhamad Nur Bawomo
Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya
ABSTRAK
Kebugaran jasmani memegang peranan penting dalam kehidupan sehari – hari, dengan memiliki kondisi tubuh yang bugar seseorang bisa menjalankan aktivitas atau kegiatan tanpa merasa kelelahan, namun hal ini perlu di tunjang dengan latihan – latihan yang bisa membuat tubuh tetap terjaga kebugarannya.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada perbedeaan tingkat kebugaran jasmani antara siswa yang bersekolah di kota dan di desa. (2) untuk mengetahui tingkat aktivitas fisik siswa dan partisipasi kegiatan olahraganya.
Manfaat dari penelitian ini adalah (1) siswa bisa mengetahui tingkat kebugaran jasmaninya, (2) peneliti bisa mengetahui tingkat kebugaran jasmani antara siswa kota dan desa, (3) hasil ini bisa memberikan informasi kepada guru pendidikan jasmani tentang kebugaran jasmani dan sebagai data awal bagi sekolah untuk menentukan atau membuat program kegiatan keolahragaan di sekolah.
Model penelitian ini adalah menggunakan desain komparatif dimana peneliti hanya membandingkan kelompok satu dengan kelompok lainnya. Sedangkan teknik pengambilan data menggunakan tes TKJI dan juga menggunakan angket untuk mengetahui aktivitas fisik dan kegiatan olahraganya.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang siqnifikan antara siswa yang bersekolah di Kota dan di Desa, dengan perolehan nilai rata – rata Kota 11,08, sedangkan nilai rata – rata Desa 10,58. Hasil tersebut jika di klasifikasikan dengan tabel kriteria kebugaran jasmani berdasarkan hasil tes yaitu masuk dalam kriteria Kurang atau dibawah rata – rata. Sedangkan berbanding terbalik dengan nilai quisioner angket aktivitas fisik dan partisipasi kegiatan olahraga, dengan nilai atau skor siswa yang bersekolah di Kota 82,19% dan siswa yang bersekolah di Desa 85,47%. Hasil ini jika di klasifikasikan dengan Intrepentasi Presentase Jawaban masuk dalam kriteria Sangat Baik.
Kata kunci : Kebugaran Jasmani, Aktivias Fisik, Partisipasi Kegiatan Olahraga
THE

Published
2016-03-01
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 247