HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK PADA ANAK USIA DINI (5 TAHUN)

  • NINA ROSADY

Abstract

Nina Rosady, Andun Sudijandoko
Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya
Abstrak
Setiap manusia mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan terutama anak usia dini. Dimana masa anak usia dini mengalami tumbuh kembang yang sangat pesat. Bila tidak didukung dengan gizi yang seimbang maka dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak salah satunya perkembangan motorik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan perkembangan motorik pada anak usia dini (5 tahun). Jenis penelitian ini adalah studi korelasional. Populasi sebanyak 16 anak dengan umur 5 tahun di TK AISYIYAH Bustanul Atfhal 17 Surabaya. Data yang diambil dengan cara tes. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah berat badan, tinggi badan untuk mengetahui status gizi sedangkan untuk mengetahui perkembangan motorik anak dilakukan tes DDST yang terdiri item berdiri 1 kaki dengan waktu 6 detik , berjalan tumit ke jari kaki, mencontoh persegi dengan petunjuk, memilih garis yang lebih panjang dan menggambar orang 6 bagian. Analisis data yang digunakan adalah Product Moment (pearson).
Berdasarkan hasil analisis korelasi diperoleh thitung = 0,1235 dan ttabel = 1,761, karena thitung < ttabel maka tidak ada hubungan yang signifikan status gizi dengan perkembangan motorik pada anak usia dini (5 tahun) dan disimpulkan bahwa hipotesa yang berbunyi “terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan perkembangan motorik anak usia dini (5 tahun) di TK AISYAH Bustanul Atfhal 17” , ditolak
Kata kunci : Status gizi, Perkembangan motorik

Published
2013-05-17
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 112