ANALISI STATUS GIZI DAN MOTORIK KASAR SISWA SDN GUNUNGSEKAR 1 SAMPANG

  • MOH AKBAR KURNIAWAN
  • NOORTJE ANITA KUMAAT

Abstract

Latar belakang: Perkembangan merupakan hal yang sangat penting bagi anak. Penguasaan keterampilan motorik ini wajib dimiliki oleh anak sebagai dasar untuk menguasai keterampilan motorik selanjutnya yang lebih kompleks dan. Zat gizi merupakan bahan bakar bagi tubuh manusia, zat gizi bisa didapatkan dari suplai makanan yang masuk kedalam tubuh. Jika kecukupan pangan tidak tercukupi, maka tumbuh kembang anak juga akan terganggu. Tujuan: penelitian ini adalah untuk menganalisis status gizi dan motorik kasar. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dekskriptif dengan dekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Gunungsekar 1 sampang yang berjumlah 23 orang. Adapun sempel untuk penelitian sebanyak 23 sempel yang diambil dengan menggunkan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan istrumen tes dan pengukuran untuk mengetahui hasil status gizi dan motorik kasar siswa. Hasil: penelitian diperoleh berdasarkan uji tes status gizi dan pengukuran mototorik kasar, Berdasarkan hasil analisis data, pengujian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bawa hasil yang diperoleh dari status gizi dan motorik kasar siswa kelas 1 SDN Gunungsekar sampang bervariasi. Dari 23 siswa memiki nilai status gizi, nilai Min -0,72, Max 2,77 rata-rata 0,47 dan nilai standart deviasi 0,98, hasil motorik kasar nilai Min 174, Max 263, nilai rata-rata 200 dan nilai standart deviasi 22 dan di temukana hasil korelasi sebesar 0,0148 kesimpulan: sehingga dapat dinyatakan tingkat korelasi sangat rendah.

Kata kunci : Status Gizi, Motorik Kasar

Published
2019-06-20
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 57