The IDENTIFIKASI MINAT PENGUNJUNG MUSEUM MPU TANTULAR TERHADAP PERMAINAN TRADISIONAL DI KECAMATAN BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO

IDENTIFIKASI MINAT PENGUNJUNG MUSEUM MPU TANTULAR TERHADAP PERMAINAN TRADISIONAL DI KECAMATAN BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO

  • muhammad - sabikhis universitas negeri surabaya
  • Hijrin Fithroni

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya minat dan pengetahuan pengunjung Museum Mpu Tantular terhadap permainan tradisional. Macam-macam permainan tradisional yaitu meliputi: (1) Permainan tradisional terompah panjang, (2) permainan tradisional engklek, (3) permainan tradisional egrang, (4) permainan tradisional balap karung, dan (5) permainan tradisional tilako mbuku. Permainan ini perlu kita lestarikan karena itu adalah salah satu kekayaan budaya daerah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner atau google form yang berisi sebuah pertanyaan-pertanyaan yang mengarah terhadap minat dan mengetahui permainan tradisional yang ada di Museum Mpu Tantular. Penelitian ini mendapatkan responden sebanyak 20 peserta didik sekolah menengah atas Sederajat, dari 20 peserta didik tersebut meliputi: 2 Laki-laki dan 18 Perempuan dari ke 20 peserta didik ini pernah perkunjung ke Museum Mpu tantular dan bermain permainan tradisional. Data yang sudah peneliti peroleh jika dihitung melalui persentase yaitu memperoleh 81% yang disimpulkan bahwa pengunjung Museum Mpu Tantular minat dan mengetahui tentang permainan tradisional yang telah disediakan.

Kata Kunci: Minat, Museum, Permainan tradisional

 

Abstract

This study aims to determine the interest and knowledge of visitors to the Mpu Tantular Museum towards traditional games. The kinds of traditional games include: (1) the traditional game of Terompah Panjang, (2) the traditional game of Engklek, (3) the traditional game of Egrang, (4) the traditional game of Balap Karung (sack racing), and (5) the traditional game of Tilako Mbuku. We need to preserve these games because they are some of the regional cultural treasures. This study uses a qualitative descriptive method. This research produces descriptive data in the form of written or spoken words and observable behavior. This research uses a questionnaire instrument or google form which contains questions that lead to interest and find out about traditional games in the Mpu Tantular Museum. This study obtained respondents as many as 20 high school students and the equivalent, students including 2 male and 18 female of the 20 students have visited the MPU Tantular Museum and played traditional games. The data that the researcher has obtained is calculated through the percentage. The percentage is 81%, it can be concluded that the visitors to the Mpu Tantular Museum are interested and know about the traditional games that have been provided.

Keywords: Interests, Museum, Traditional Games

Published
2021-01-18
Section
Jurnal Kesehatan Olahraga
Abstract Views: 208
PDF Downloads: 308