MODEL PERMAINAN PENINGKATAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 6-8 TAHUN : LITERATURE REVIEW

  • Andika Danu Pranowo Mahasiswa Unesa
  • Nortje Anita Kumaat

Abstract

Perkembangan motorik yang dialami setiap individu anak mengalami proses yang berbeda. Proses perkembangan motorik adalah alur kontrol gerak tubuh melalui koordinasi aktivitas saraf pusat, saraf tepi dan otot. Perkembangan motorik kasar setiap individu anak perlu diperhatikan, sebab keterlambatan dalam mempelajari keterampilan motorik kasar berakibat pada proses perkembangan selanjutnya. Penelitian bertujuan melakukan review model permainan yang  berpengaruh dan efektif meningkatkan keterampilan gerak motorik kasar anak usia 6-8 tahun. Metode review diawali mengumpulkan jurnal dari google scholar, research gate dan science direct sesuai tema penelitian, kemudian dilakukan proses review untuk menghasilkan kesimpulan. 24 jurnal masuk proses review yang didasarkan pada model intervensi permainan, metode, sampel, dan hasil temuan. Kesimpulan hasil review menunjukkan pengembangan keterampilan gerak motorik kasar pada anak usia 6-8 tahun dapat melalui model permainan yang menuntut terjadinya aktivitas gerak tubuh. Permainan yang dipilih merupakan bersifat menyenangkan dan membuat anak bergerak bebas melakukan gerakan yang diinginkan. Gerak motorik kasar memberikan stimulus positif pada aspek kekuatan, keseimbangan dan kecepatan anak.

Published
2021-04-06