RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA KERUSAKAN SEPEDA MOTOR DENGAN METODE FORWARD CHAINING

  • Aditya Prapanca
  • Mochammad Sofyan Arif

Abstract

Sistem Pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli. Dengan sistem pakar ini, orang awampun dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang sebenarnya hanya dapat diselesaikan dengan para ahli.

Forward chaining merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk penyelesaian pada sistem pakar diagnosa kerusakan sepeda motor. Aplikasi ini menggunakan rule yaitu IF – THEN yang dapat digambarkan dengan hubungan sebab akibat, dimana gejala sebagai sebab dan jenis kerusakan sebagai akibat disertai dengan solusi perbaikan.

Dari sistem pakar ini pengguna dapat melakukan diagnosa kerusakan sepeda motor dengan mengetahui gejala yang dialami dari lapangan dan diolah dalam aplikasi ini. Perhitungan nilai hasil diagnosa antara 100%-75% maka status hasil diagnosa adalah ‘mengalami kerusakan’ nilai <75% maka status hasil diagnosa ‘kemungkinan rusak’, dan penyakit akan diarahkan pada nilai proporsi terbesar, nilai yang paling mendekati 100%.

Kata Kunci: Sistem Pakar, Sepeda Motor, Metode Forward Chaining.

Published
2015-11-05
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 0