IMPLEMENTASI SIMPLE PORT KNOCKING PADA DYNAMIC ROUTING (OSPF) MENGGUNAKAN SIMULASI GNS3

  • aprianto puji adi kusuma

Abstract

Keamanan sistem pada komputer adalah salah satu tugas dari sistem administrator. Hal ini berdasarkan pada karakteristik umum jaringan komputer yang pada dasarnya tidak aman untuk diakses secara bebas. Berbagai celah sisi server untuk membuat pihak tidak bertanggung jawab untuk mencoba masuk ke sistem dengan berbagai teknik. Membuka port untuk akses layanan yang umum merupakan hal yang pribadi, tetapi memiliki risiko tinggi untuk kemungkinan akan diserang oleh attacker.

Penelitian ini menekankan pelaksanaan dalam melakukan port knocking untuk melakukan autentifikasi ke port maupun server. Meskipun server-side firewall yang dipasang sudah cukup canggih, namun hingga sampai saat ini masih bisa diserang oleh attacker. Hal ini karena port terbuka dan dapat dilihat oleh pihak luar dengan melakukan scanning port. Dalam penelitian ini, penulis menjelaskan implementasi menggunakan metode simple port knocking untuk memberikan akses filter pada firewall, bertujuan memberikan keamanan untuk pengguna akses komputer sehingga tidak akan ada pencurian data atau informasi sehingga data tetap terjaga aman.

Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa autentifikasi untuk port sehingga membuat server aman, karena penutupan port untuk mencegah adanya serangan akses dari attacker yang tidak berhak untuk mengakses server. Dengan menggunakan metode port knocking akan membuat attacker akan berusaha lebih keras untuk menembus dinding system pada firewall.

Kata Kunci: Port Knocking, Port, Firewall, Autentifikasi, Attacker.

Published
2016-07-21
Abstract View: 23
PDF Download: 208