RANCANG BANGUN UJIAN FISIKA ONLINE PADA E-LEARNING SMKN SURABAYA BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK PANADA (Studi Kasus : SMKN 5 Surabaya Program Keahlian Gambar Bangunan Kelas XI Semester 1)

  • Elin Damayanti

Abstract

Proses Ujian yang digunakan di SMKN Surabaya saat ini masih berjalan secara manual yaitu dengan metode konvesional, sebagai contohnya pelaksanaan ujian diawali dengan pembuatan soal, mencetak soal, pembagian kepada siswa, dan siswa harus menunggu nilai sampai guru mata pelajaran selesai mengkoreksi jawaban.

Pemanfaatan teknologi yang sudah ada dapat dilakukan dengan ujian online dengan tujuan dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga dan juga dapat mempermudah siswa untuk memperoleh hasil ujian secara langsung. Hal tersebut dikarenakan konsep Ujian online yang tidak terkait ruang dan waktu dapat menjadi solusi atas kendala yang ada pada metode ujian yang konvensional.

Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk merancang sebuah aplikasi ujian fisika online untuk menunjang e-learning SMKN Surabaya yang sudah ada berbasis web dengan menggunakan Framework Panada sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai basis data. Sedangkan pada data flow diagram, digambarkan sistem sebagai kerja antara fungsi yang berhubungan satu sama lain dengan aliran dan penyimpanan data.

Kata Kunci: Ujian Fisika Online, e-Learning, SMKN 5 Surabaya

Published
2016-07-25
Abstract View: 5
PDF Download: 17