RANCANG BANGUN APLIKASI LOCATION BASED SERVICE UNTUK PENCARIAN RUTE TERDEKAT BENGKEL RESMI HONDA PADA WILAYAH SURABAYA BERBASIS ANDROID

  • Danang Nur Rahman

Abstract

   Bengkel motor merupakan tempat yang sangat dicari oleh pemilik kendaraan sepeda motor. Untuk merawat dan memelihara motor, dianjurkan pada setiap pemilik kendaraan motor, khususnya produk pabrikan motor Honda untuk melakukan perawatan pada bengkel resmi demi kenyamanan dalam berkendara. Di wilayah Surabaya banyak sekali bengkel resmi Honda yang sudah tersebar. Sehingga para pemilik kendaraan motor Honda mengalami masalah dalam pemilihan bengkel terdekat dari lokasi pemilik motor Honda.

   Pada aplikasi Pencarian Rute Terdekat Bengkel Resmi Honda di Surabaya ini berbasis Android. Dibutuhkan sebuah smartphone dengan sistem operasi Android yang mana memiliki fitur-fitur yang sangat berguna diantaranya yaitu fitur Global Positioning System. Fitur Global Positioning System atau disingkat GPS ini memberikan layanan berupa informasi lokasi atau petunjuk lokasi sehingga dapat memudahkan dalam membangun aplikasi ini.

   Tujuan penulisan ini yaitu membuat sebuah aplikasi location based service untuk pencarian rute terdekat bengkel resmi Honda pada wilayah Surabaya berbasis android yang dapat mempermudah pengguna motor Honda menemukan rute terdekat untuk menuju bengkel resmi Honda. Aplikasi ini berisi peta lokasi bengkel resmi Honda yang terdapat pada wilayah Surabaya dan memberikan informasi tentang bengkel. Pada penggunaannya, Android memberikan kemudahan dalam membuat dan mengembangkan aplikasi, karena Android sendiri yang berbasis open source.

Kata Kunci: Android, Bengkel Resmi, Location Based Service

Published
2016-07-25
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 89