PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENCARIAN ASISTEN RUMAH TANGGA BERBASIS WEB

  • HANNA ZAHROTUL ILMI

Abstract

Manfaat internet yang sangat besar tersebut tentunya memudahkan semua orang untuk mengakses berbagai informasi dengan cepat dan mudah.

Hal tersebut berkaitan bagi orang-orang yang memiliki aktivitas tinggi termasuk wanita karir. Rutinitas harian yang cukup padat membuat ibu rumah tangga khususnya wanita karir tidak bisa mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga sendiri, pekerjaan yang biasa dilakukan oleh ibu rumah tangga menjadi terhambat karena adanya aktivitas yang tinggi sehingga banyak pekerjaan tak tertangani. Di sisi konsumen, muncul permasalahan dimana beberapa keluarga tidak mempunyai waktu untuk mencari asisten rumah tangga dengan datang langsung ke yayasan penyediaan jasa asisten rumah tangga.

Berdasarkan dengan hal tersebut, dirasakan perlu adanya suatu sistem informasi terkomputerisasi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pada kinerja yayasan tersebut. Sehingga dilakukan penelitian berjudul “Perancangan Sistem Informasi Pencarian Asisten Rumah Tangga Berbasis Web” dengan harapan sistem ini dapat membantu calon majikan dalam mengetahui profil-profil para calon asisten rumah tangga tanpa harus datang ke yayasan cukup melihat melalui web online saja, penyalur juga dapat memasarkan SDM nya. Adapun fitur-fitur yang dapat mempermudah antara penyalur dan pencari pekerja dalam mendapatkan informasi : fitur pencarian, fitur profile biodata, fitur komplain, fitur track record, fitur retur, fitur setting fee, fitur setting administrasi, dan fitur setting kontrak. Didalam aplikasi ini terdapat 4 kategori pekerja, yaitu : ART (asisten rumah tangga), dan tukang kebun.

Kata Kunci : roomMAID, Sistem Informasi, Pencarian ART, Framework Codeigniter.

Published
2016-12-28
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 149