APLIKASI FORUM KOMUNIKASI PADA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MONGODB

  • TEGUH PURWO JATI KUSUMO

Abstract

Di era yang serba modernisasi sekarang manusia tidak luput dari teknologi gadgetisasi. Handphone adalah salah satu yang kini sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari. Berlaku juga bagi instansi pendidikan yang besar seperti Universitas Negeri Surabaya yang seluruh kalangan  civitas di Universitas Negeri Surabaya pasti sudah beralih menggunakan smartphone  sebagai media komunikasi.

Guna mempersatukan komunikasi antar mahasiswa dirasa kurang efisien apabila hanya mencakup wilayah antar fakultas atau bahkan mungkin hanya antar jurusan. Maka dari itu forum berperan penting dalam mempersatukan komunikasi antar mahasiswa pada Universitas Negeri Surabaya, karena dengan forum, mahasiswa dapat mengetahui informasi dari fakultas lain yang sedang hangat dibicarakan.

Untuk membuat sebuah aplikasi forum  yang dapat digunakan seluruh kalangan civitas pada Universitas Negeri Surabaya, akan lebih baik menggunakan sistem database yang mampu menopang lalulintas data yang kian waktu akan terus semakin bertambah ramai. Maka dari itu MongoDb dirasa lebih baik digunakan dalam membangun aplikasi forum komunikasi pada Universitas Negeri Surabaya. Karena dengan fiturnya yaitu menggunakan metode document-oriented yang berguna menyimpan data dengan cepat dan juga tidak harus menggunakan struktur didalam pembangunannya, dirasa akan membuat pemrogram dapat membangun database lebih cepat dan ketika dalam masa maintenance (perawatan) tanpa harus mematikan server.

Kata Kunci : Android, Aplikasi Forum, MongoDb.

Published
2017-01-10
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 78