RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ALUMNI BERBASIS WEB (Studi Kasus : Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya)

  • SITI ELI RAHMA

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di seluruh dunia telah membuat hidup manusia menjadi semakin lebih mudah. Terutama sejak diciptakannya jaringan internet, komunikasi menjadi semakin tidak terbatas.

Namun demikian, sejauh ini belum ada penerapan sistem informasi pengolahan data alumni berbasis web di Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya. Data alumni merupakan salah satu contoh dari suatu sistem informasi yang dibuat untuk membantu pekerjaan dari suatu instansi atau perusahaan baik dalam mengolah data sampai memberikan data secara lengkap lewat tersedianya layanan informasi berbasis web. Pengelolahan data alumni masih bersifat manual, pengklasifikasian data alumni belum rapi, pencarian data dan informasi dibutuhkan waktu yang lama. Sehingga menyulitkan pihak Jurusan untuk memantau data-data yang berkaitan dengan alumni misalnya masa tunggu alumni semenjak lulus sampai mendapatkan pekerjaan pertama.

Hasil aplikasi rancang bangun sistem informasi alumni berbasis web ini menggunakan PHP. Dengan adanya aplikasi sistem informasi alumni ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada pihak Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya dalam melakukan pengolahan data alumni serta kemudahan juga kepada alumni Universitas Negeri Surabaya untuk mendapatkan informasi mengenai data alumni angkatannya.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Alumni, PHP, Database

Published
2017-01-10
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 118