RANCANG BANGUN APLIKASI BERBASIS WEB PERSEDIAAN BARANG DI TOKO “AGEN SNACK”

  • Cindy Santika Putri

Abstract

Persediaan memiliki nilai yang tinggi untuk aktivitas penjualan dan pembelian, sehingga diperlukan sistem informasi untuk pengelolaan persediaan barang. Proses pengelolaan persediaan barang yang digunakan di toko “Agen Snack” saat ini, masih berjalan secara manual, sebagaimana contohnya yaitu proses transaksi pembelian, penjualan, dan retur pembelian masih dilakukan dengan pencatatan dokumen. Oleh karena itu, informasi yang biasanya didapatkan dengan cara yang manual, sudah tidak dapat digunakan lagi secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan toko. Mengingat banyaknya proses pengolahan persediaan barang, pastinya sebuah toko membutuhkan sebuah sistem yang dapat dengan mudah mengelola persediaan tersebut.

Dengan sistem informasi yang terkomputerisasi dengan baik, informasi terolah dengan lebih cepat dan perhitungan dapat dilakukan lebih tepat. Maka digunakan kombinasi metode FIFO (First In First Out), LIFO (Last In First Out), dan metode rata-rata (Average Method) untuk mengelola persediaan barang. Dengan dikembangkannya sistem yang terkomputerisasi ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kinerja dari toko yang menggunakannya.

Dalam sistem ini hasil yang diperoleh dari aplikasi persediaan barang di toko “Agen Snack” yaitu, proses transaksi pembelian ke supplier, proses transaksi penjualan ke pembeli, proses retur transaksi pembelian ke supplier dan sistem yang otomatis mengelola persediaan barang yang dapat dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Kata Kunci : persediaan barang,  FIFO, LIFO, dan Average. 

Published
2017-01-11
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 188