RANCANG BANGUN APLIKASI KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB DI DESA KEDUNGREJO WARU-SIDOARJO

  • Efy Widyawati

Abstract

Sistem kependudukan yang selalu up to date sangat dibutuhkan untuk kegiatan pelayanan masyarakat di bidang administrasi kependudukan pada suatu pemerintahan baik di daerah maupun pusat. Namun kondisi yang terjadi di masyarakat menunjukkan bahwa pelayanan masyarakat tersebut belum maksimal. Sistem kependudukan di Desa Kedungrejo Waru-Sidoarjo saat ini masih manual sehingga kurang efisien dalam pengolahan informasinya. Proses input data dari pihak desa yang masih manual dan penyimpanan berkas yang semakin banyak membuat ruang penyimpanan semakin sempit dan mengakibatkan hilang atau rusaknya berkas lama.

Pemanfaatan teknologi yang sudah ada dapat dilakukan dengan tujuan dapat menghemat waktu dan tenaga. Rancang bangun aplikasi kependudukan tingkat desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi petugas desa dan dapat mempermudah petugas desa dalam pengumpulan data penduduk desa dan mempermudah melayani penduduk atau warga dalam permohonan surat-surat.

Aplikasi kependudukan di Desa Kedungrejo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo ini dirancang menggunakan PHP dan MySQL. Kemudian melakukan uji coba terhadap aplikasi yang telah dibuat dengan tujuan mengetahui kebenaran hasil dari pemrosesan data serta melakukan analisa terhadap sistem tersebut. Sehingga dengan adanya aplikasi kependudukan ini dapat mempermudah dalam aktifitas pelayanan kependudukan di tingkat desa, salah satunya dapat mempermudah petugas desa dalam pengumpulan data penduduk desa dan mempermudah melayani penduduk atau warga dalam permohonan surat-surat.

Kata Kunci : Kependudukan, Aplikasi Kependudukan

Published
2017-01-11
Abstract Views: 254
PDF Downloads: 619