RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN ZIS MASJID BERBASIS WEB (Studi Kasus : Masjid Al – Huda Karah Surabaya)

  • AHMAD UDIN

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin cangih mengharuskan manusia untuk terus mengikutinya. Begitu juga sistem pekerjaan yang ada di Masjid, untuk pengelolaan keuangan Masjid saat ini masih banyak ditemui dan bahkan sebagian besar masih menggunaakan sistem manual. Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat muslim untuk berzakat dan di imbangi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, maka dibutuhkan pula pelayanan yang cepat dan akurat. Untuk mengetahui penerimaan dan pengeluaran keuangan yang akurat tersebut, maka perlu adanya sistem informasi pengelolaan keuangan ZIS Masjid.

Pengelolaan keuangan ZIS yang ada di Masjid Al – Huda Karah Surabaya saat ini masih menggunakan sistem manual, terkesan kaku dan monoton. Selain itu informasi mengenai bagaimana dan kemana arah dari keuangan tersebut belum bisa di publish secara umum, padahal informasi tersebut sangatlah penting bagi muzzaki (pembayar zakat). Hal ini berefek pada cenderung lambannya pengelolaan dan pemrosesan data yang ada di Masjid Al – Huda Karah.

Dari hal tersebut, maka perlu adanya suatu sistem informasi akutansi keuangan yang menghasilkan informasi keuangan yang diolah dari data kegiatan per periode dan data penyaluran dana muzzaki sehingga menghasilkan laporan keuangan. Hal tersebut dapat mempermudah manajemen dan muzzaki untuk mendapatkan informasi yang jelas.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Pengelolaan Keuangan, ZIS

Published
2017-01-30
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 96