APLIKASI REKOMENDASI PEMBELIAN MOBIL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE FUZZY MODEL TAHANI PADA SHOWROOM WIBOWO MOBIL

  • Budiarto Frengki Dwi Setyo

Abstract

Wibowo mobil merupakan sebuah showroom mobil yang melayani pembelian dan penjualan mobil bekas yang berkualitas. Selain itu showroom Wibowo mobil juga melayani jasa Service perbaikan dan penggantian suku cadang mobil. Dalam pembelian sebuah mobil, banyak hal yang dapat dijadikan parameter penilaian untuk mendukung keputusan. Dalam hal ini, seseorang bisa saja memiliki pilihan yang berbeda dengan orang lainnya. Permasalahan yang sering dirasakan adalah ketika dimana sesorang bisa rumit dalam menentukan mobil mana yang sesuai akan dibelinya, oleh karena banyaknya spesifikasi dan harga dari tipe-tipe mobil yang banyak jenisnya, sementara calon pembeli terkadang kurang dapat memberikan spesifikasi yang jelas terhadap kebutuhan dan keinginannya kepada penjual terlebih dihadapkan dengan berbagai pilihan yang beragam.

Dengan beragam macam pilihan yang membingungkan calon pembeli maka perlu suatu adanya alternatif solusi guna mengatasinya, salah satunya yaitu dengan pemanfaatan metode Fuzzy dengan model Tahani pada sebuah sistem perekomendasian pendukung keputusan yang masukannya berupa input kriteria yang sesuai pada sistem oleh  pengguna. Dengan demikian maka hasil dari input pengguna berupa informasi dan rekomendasi berupa daftar mobil yang sesuai yang direkomendasikan berdasar inputan kriteria yang sudah di inputkan oleh   penggunanya.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Mobil, Fuzzy Tahani.

Published
2017-08-16
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 195