Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Restoran Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel

  • ATIKA ILMA YANI

Abstract

Abstrak

Restoran adalah salah satu tempat yang sering dikunjungi banyak orang. Sering kali restoran seperti di beberapa masih belum menggunakan sistem informasi dalam mempermudah pemesanan, pelayanan dan bertransaksi. Sehingga sering kali dijumpai masalah pelayanan dan transaksi seperti kesalahan dalam penulisan pesanan, pelayanan pesanan, dan transaksi pembayaran. Masalah pemesanan seperti masih menggunakan kertas dalam menulis pesanan. Order pesanan yang masih menggunakan kertas atau ditulis pada papan dan pembayaran yang masih menggunakan alat secara manual.

Karena permasalahan itulah penulis mencoba membuat rancang bangun sistem informasi manajemen pelayanan restoran berbasis web menggunakan framework laravel. Perancangan dan implementasi yang merupakan sebuah komponen dari proses pembangunan sebuah sistem informasi akan juga dibangun oleh penulis.

Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Rsetoran Berbasis Web dengan menggunakan framework laravel ini akan memberi kemudahan pemesanan oleh pelanggan, tim restoran, mempermudah kasir dalam tansaksi pembayaran dan mempermudah pegelola dalam pengelolaan restoran. Dengan sistem informasi manajamen pelayanan restoran diharapkan dapat menjadi solusi untuk memecahkan permasalahan atau kesalahan dalam pelayanan restoran. Sistem yang terkomputerisasi diharapkan akan memmberi kemudahan dan menghasilkan aplikasi sesuai dengan yang diharapkan.

Abstract

Restaurants are considered as one of the most-visited places. Nonetheless, many of them have not applied Information System to facilitate ordering process, service, and transaction. It, then, leads to some service and transaction problems ranging from errors in writing the customers orders, serving process, and payment. Moreover, other problems such as writing orders conventionally in a paper or in a board as well as using manual tools for payment also exist.

In regard to those problems, the author attempts to make a Web-Based Restaurant Service Management Information System design using the Laravel Framework. Design and implementation of which are components of the development of an Information System will also be built by the author.

This Web-Based Restaurant Service Management Information System that applies Laravel Framework will provide an easier way of ordering by customers, a more efficient service of restaurants teams, a simplified payment process, and an efficient restaurant management. It is expected to be a solution of problems or errors occur in restaurant services. This computerized system is created to provide convenience and to develop a proper application.


Published
2019-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 170
PDF Downloads: 248