ANALISIS PERFORMANSI QUALITY OF SERVICE (QOS) PADA JARINGAN MULTI PROTOCOL LABEL SWITCHING DENGAN METODE INTSERV

  • MUHAMMAD AMAR GHANI

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi terus melakukan inovasi berusaha dalam menyediakan layanan trafik untuk mengirimkan suatu data kepada pelanggan secara cepat, permasalahan yang dihadapi dalam sebuah jaringan adalah kecepatan yang diterima pelanggan dengan kesepakatan awal pada saat penyedia layanan menawarkan berbeda karena tidak adanya jaminan bandwidth yang tersedia. Jaringan dengan teknologi Multi-Protocol Label Switching (MPLS) saat ini banyak digunakan oleh perusahaan besar dalam pelayanan kepada pelanggan. MPLS merupakan metode forwarding atau meneruskan data melalui suatu jaringan dengan menggunakan informasi dalam label yang dilekatkan pada paket IP dimana arsitektur network memadukan layer dua dan layer tiga untuk mempercepat paket yang dikirim. MPLS menyediakan manajemen bandwidth yang memiliki peranan dan implementasi layanan komunikasi kepada pelanggan, manajemen ini akan lebih baik daripada best effort service karena best effort akan mengirimkan paket sesuai dengan usaha maksimal nya, apabila terjadi gangguan atau kepadatan trafik maka best effort tidak dapat menjamin kecepatan bandwidth yang diterima pelanggan.

Intergrated Service merupakan model QoS untuk masalah pengaturan bandwidth secara end-to-end pada suatu jaringan. Pada penelitian ini bandwidth yang diterapkan tidak dapat diatur dari server menuju pelanggan tertentu melainkan hanya pada router yang memiliki tunnel. Intserv digunakan karena sangat membantu dalam menjamin ketersedian bandwidth dalam trafik yang cukup padat. Intserv akan bekerja sama dengan Traffic Engineering, traffic Engineering pada MPLS dapat melakukan perpindahan pada link trafik yang mengalami congestion sehingga link dapat berpindah ke link yang kosong tetapi Intserv tidak dapat diterapkan pada sautu IP tertentu karena reservasi bandwidth yang dijalankan akan diterapkan pada link atau transmisi yang digunakan.

Berdasarkan permasalahan diatas, tugas akhir ini diimplementasikan teknologi MPLS-Intserv dengan menggunakan router mikrotik. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa metode Intserv dapat menjamin ketersediaan bandwidth yang sudah disepakati diawal, Intserv akan memprioritaskan router yang dijadikan tunnel terlebih dahulu sehingga adanya gangguan yang dilakukan oleh pelanggan baik aktifitas download file FTP dari server maupun Bandwidth test dari server tidak akan mempengaruhi ketersediaan bandwidth yang ada.

Kata Kunci: Multi-Protocol Label Switching (MPLS), Integrated Service (Intserv), Traffic Engineering, Quality Of Service


Development of information technology to innovation traffics in providing services to send data to customers quickly, problems in a network that received customers with the initial agreement when providers offered different because there is no guarantee bandwidth is available. Network with technology multi-protocol label switching ( mpls ) currently much used by large companies in service to customers. Mpls is method forwarding or forward data over a network using information in label attached to a package ip where architecture network blends layer layer two and three to accelerate package sent. Mpls provide bandwidth management and the implementation of the having the role of communications services to customers, This management will be better than the best efforts because the best efforts will be to send the package to its maximum, if there is interference or traffic congestion and the best efforts cannot guarantee the bandwidth received by the customer.

Intergrated service is a model qos to issue arrangement bandwidth in end-to-end in a network. In this research bandwidth applied unmanageable from server to specific customers but only in having tunnel router. Intserv used because it helps to ensure the increased availability of bandwidth which are dense enough. traffics in Intserv will cooperate with traffic engineering,Traffic engineering in mpls can do displacement in link traffics in congestion and link can walk across to links empty but intserv not applicable in sautu ip certain reservation bandwidth run to be applied to link or transmission used.

Based on the above, the end of this technology implemented mpls-intserv using mikrotik router, From the results of the tests show that method intserv can guarantee the availability of bandwidth intserv after the agreement with, early intserv will place a router used as tunnel beforehand so that any disturbance activities conducted by good customers download files from the server ftp server and bandwidth test will not affect the availability of bandwidth

Keywords: Multi –Protocol Label Switching (MPLS), Integrated Service (Intserv), Traffic Engineering, Quality Of Service

Published
2019-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 294