ANALISIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN HOTEL DENGAN STUDI KASUS DI DSEASON HOTEL SURABAYA

  • INTAN SUKMA KUSUMATUTI

Abstract

Surabaya sebagai kota terbesar kedua pasti banyak wisatawan lokal maupun asing yang sering bersinggah, untuk itu hotel sebagai tempat singgah sementara harus memiliki layanan terbaik dan berkualitas demi terciptanya kepuasan pelanggan. Dalam memenuhi kepuasan pelanggan Dseason Hotel harus mempunyai sistem manajemen dan fasilitas yang memadai dalam pemenuhan keperluan pelanggan dari apa yang dibutuhkan, disamping itu industri Hotel di Surabaya kian melesat dan banyak persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sistem informasi manajemen terhadap pemesanan kamar, pelayanan jasa, ketersediaan fasilitas hotel untuk menunjang informasi terhadap tamu. Penelitian menggunakan metode Waterfall yang merupakan salah satu model proses yang mengambil kegiatan proses dasar seperti spesifikasi, pengembangan dan merepresentasikannya sebagai fase-fase proses yang berbeda seperti spesifikasi persyaratan, perancangan perangkat lunak, implementasi, pengujian, dan seterusnya. Analisis Sistem Informasi Manajemen Hotel yang menggunakan DSeason Hotel sebagai studi kasus mendapatkan hasil yang cukup dan diharapkan dapat memberikan kontribusi sehingga memberikan keuntungan terhadap hotel serta dapat memberikan penambahan tingkat persewaan kamar, dan sektor hotel yang lain. Hasil penelitian diharapkan mampu menangani permasalahan kinerja karyawan dari segi faktor kualitas kinerja, kuantitas kinerja, waktu, biaya dan perilaku individu.

Published
2013-07-29
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 435