RANCANG BANGUN APLIKASI KIPKO KAMPUNG INGGRIS PARE KALEND OSEN BERBASIS WEBSITE DENGAN FRAMEWORK LARAVEL

  • HENA KURNIA SETYOWATI

Abstract

Abstrak

Kampung Inggris Pare terletak di Pare - Kediri, yang mana sudah ada sejak tahun 1977. Lebih dari 100 lembaga kursus dan 5000 peserta kursus ada disana. Di Kampung Inggris Pare terdapat 3 jenis tempat tinggal, antara lain camp (asrama), kost dan home stay.

Banyak dari masyarakat umum yang menginginkan kursus di suatu lembaga. Namun dari mereka kurang tahu mengenai proses pencarian dan pendaftaran ke lembaga tersebut, khususnya lembaga kursus bahasa inggris. Masyarakat mengiinginkan mendapat lembaga kursus dengan mudah tanpa harus datang langsung ke tempat lembaga tersebut. Adanya aplikasi online tentunya memudahkan masyarakat dalam pencarian lembaga kursus dan pendaftaran secara online. Dengan adanya aplikasi tentu lebih mudah bagi mereka dalam menentukan lembaga kursus mana yang cocok dengan mereka dan juga paket yang menurut mereka cocok. Karena pada dasarnya teknologi website yang akan diimplementasikan dalam aplikasi nantinya melibatkan semua pengguna yang terdiri dari user atau pengguna kursus dan pemilik lembaga kursus. Maka dari itu penulis tertarik mengembangkan aplikasi berbasis website yaitu aplikasi Kampung Inggris Pare Kalend Osen atau bisa disebut KIPKO.

Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi KIPKO yaitu menggunakan model waterfall pressman yang terdiri dari 5 tahapan, antara lain analisis kebutuhan sistem, desain, implementasi, pengujian dan perawatan. Hasil dari aplikasi ini adalah aplikasi KIPKO yang dapat diakses melalui browser dengan url : http://kipko.online/. Rancang Bangun Aplikasi KIPKO yang dibuat berbasis website dengan menggunakan framework Laravel. Tujuan dari rancang bangun aplikasi ini adalah mengenalkan lebih luas kepada masyarakat tentang adanya Kampung Inggris di Pare serta memudahkan user mendaftar secara online.

Kata Kunci : Laravel, Kipko, Kampung Inggris.
Published
2020-07-08
Section
Articles
Abstract View: 21
PDF Download: 19