RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI STAYCATION BERBASIS WEB DENGAN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI MERN STACK

  • Mochamad Afif Solahudin Manajemen Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • I Kadek Dwi Nuryana Jurusan Teknik Informatika, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berlibur dengan keluarga pasti menjadi menyenangkan dan memiliki kesan yang indah serta bisa menjadi kenangan, akan tetapi tidak jarang kita kebingungan dalam mencari tempat menginap yang mudah untuk mengakses destinasi wisata yang kita inginkan. maka dari itu Staycation dibuat, dengan motto “you can stay plus vacation” aplikasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam menemukan rumah, hotel, homestay, apartement dan sejenisnya yang bisa digunakan sebagai tempat berlibur, tempat yang disediakan biasanya memiliki lokasi yang dekat dengan wisata sehingga mereka bukan hanya singgah tapi juga bisa berlibur bersama keluarga. Menurut hasil survey yang diadakan oleh penulis, dari 20 responden 13 memilih melakukan booking hotel dengan cara online, dari hasil tersebut menyatakan bahwa di era digital sekarang orang – orang lebih memilih memanfaatkan aplikasi untuk memudahkan kegiatan mereka, Dapat disimpulkan bahwa dengan pesat nya perkembangan zaman dan meningkatkan nya pengguna internet, aplikasi web dan mobile menjadi semakin dibutuhkan oleh para pelaku usaha tidak lepas dari bidang apa saja. Dan diharapkan aplikasi Staycation ini dapat membantu memudahkan pengguna nya dalam menentukan tempat menginap saat berlibur.

Pembuatan Website ini menggunakan teknologi MERN stack (MongoDB, Express, React, dan Node JS) termasuk dalam pengembangan Full-Stack ini bertujuan agar website yang dibuat akan cepat dalam mengolah data serta pertukaran data yang terjadi dalam penggunaan nya. Dalam merancang sebuah rancangan, menggunaakan sebuah metoded yakni metode Extreme Programming. Metode tersebut memiliki beberapa tahapan yaitu Planning, Design, Coding dan Testing. Metode ini dipilih karena aplikasi website ini bisa cepat berubah – ubah menyesuaikan dengan kebutuhan user dan dalam metode ini bisa dikerjakan dengan tim serta pendanaan yang minim. website yang dibuat sudah memiliki fitur yang lengkap sesuai dengan apa yang dibutuhkan contohnya adalah sistem payment gateway dapat diintegrasikan sebagai sarana dalam melakukan transaksi pembayaran berupa online sehingga dapat meningkatkan rasa aman dan percaya serta telah di uji fungsionalitasnya dengan metode black box.

Kata Kunci : pengembangan aplikasi web,single-page application, MERN Stack, basis data NoSQL javascript, extreme programming, full Javascript development

Published
2021-06-30
Section
Article