RANCANG BANGUN APLIKASI LAUNDRY SEPATU DENGAN MENGGUNAKAN MITRANS PAYMENT GATEWAY

  • Uma Irul Rhomdhoni Manajemen Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Prapanca Jurusan Teknik Informatika, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Di dalam era globalisasi seperti sekarang, berkembangnya bidang fashion mengalami peningkatan yang amat pesat. Fashion pada bahasa Indonesia kerap dikenal dengan sebutab mode yang merupakan gaya memakai pakaian pada sebuah budaya. Berdasarkan KBBI, mode ialah wujud nomina yang memiliki makna beragam metode ataupun wujud paling baru di dalam sebuah periode tertentu. Mode yang dipakai oleh seorang individu sanggup memberikan gambaran mengenai siapakah yang menggunakan mode itu sendiri. Perihal tersebut memperlihatkan bahwasanya pada dunia modern, gaya hidup menunjang untuk penentuan dari sikap serta nilai-nilai dan juga turut memperlihatkan status sosial. Di samping perihal pakaian, sepatu juga menjadi satu di antara beberapa benda yang penting untuk mendukung gaya memakai busana. Pada tiga tahun kebelakang, mode pada negara Indonesia dikuasai oleh maraknya produk sepatu kets ataupun yang lebih dikenal dengan istilah sneakers. Sneakers ialah jenis sepatu yang menggunakan sol fleksibel dibuat dari karet ataupun bahan sintetis serta bagian atas dibuat dari kulit, kanvas, suede serta nylon. Setelah sneakers masih banyak pula tipe sepatu yang lain, misalnya sepatu kulit.

Pelanggan yang melakukan pembelian akan sepatu hanyalah berfokus dalam hal pemakaiannya saja. Sementara itu, disamping dibeli kemudian digunakan, sepatu juga memerlukan suatu perawatan. Guna membersihkan bermacam jenis sepatu hendaknya memakai cairan khusus yang mempunyai kadar keasaman yang rendah agar tak mudah rusak ataupun menyebabkan hancurnya bahan dari sepatu tersebut. Kemudian proses pembersihan juga hendaknya memakai sikat tertentu yang padat, kaku juga lembut. Di tiap sepatu hendaknya memiliki perlakuan yang berbeda untuk proses pembersihannya. Hal tersebut disebabkan karena bahan sepatu yang memiliki perbedaan yang menyebabkan perlunya sebuah metode tertentu guna melakukan proses pembersihan serta perawatan dari sepatu. Kepadatan dari jadwal persekolahan serta jam kerja menjadikan banyak orang tak memiliki waktu guna melakukan perawatan pada sepatunya. Sepatu yang kerap dimanfaatkan serta terdapat pada tempat lembab mengakibatkan banyaknya bakteri menumpuk yang kemudian menjadikan sepatu akhirnya bau. Terlebih lagi terdapat pemakaian kaos kaki yang tidak sering diganti ataupun tak mengenakan kaos kaki. Pada musim hujan juga menjadi masalah untuk pengendara sepeda motor yang menggunakan sepatu, belum jika terjebak banjir. Tak mempunya waktu yang cukup serta minimnya cahaya matahari guna proses pengeringan sepatu yang basah mengakibatkan sepatu menjadi lembab, memiliki bau tak sedap serta mudah mengalami kerusakan.

Banyak usaha pada bidang jasa yang satu di antaranya ialah usaha laundry nyatanya amat memberikan bantuan kepada orang-orang yang memerlukan jasa tersebut. Berbeda dengan laundry pakaian, saat ini juga sudha banyak terdapat laundry sepatu. Laundry sepatu memberikan penawaran akan jasa untuk melakukan pencucian sepatu, memberi warna ulang sepatu yang telah pudar serta memperbaiki sepatu yang rusak. Seiring perkembangan jasa layanan laundry sepatu saat ini tentulah amat memberikan kemudahan pada konsumen guna membersihkan sepatunya. Surabaya yang merupakan kota yang besar, ialah lahan untuk tumbuhnya bisnis layanan jasa laundry sepatu. Di mana saat ini telah tersedia dimanapun laundry sepatu pada kota Surabaya. Konsumen merasakan amat terbantu dengan banyaknya alternatif opsi tempat laundry sepatu. Akan tetapi pada sisi lainnya tentulah dapat menciptakan ancaman antara pemilik usaha sebab harus menghadapi kompetisi untuk memperoleh pelanggan. Pada masa seperti saat ini tentulah konsumen juga lebih selektif untuk menentukan pilihan akan layanan jasa yang akan dipakai. Konsumen akan menentukan pilihan ke pelayanan jasa yang telah terbukti mampu bekerja dengan hasil yang memberikan kepuasan kepada konsumennya.

Kata Kunci : Payment Gateway, Pelayanan Jasa Laundry Sepatu  

Published
2021-06-30
Section
Article