RANCANG BANGUN APLIKASI E-LEARNING SMAN 1 PANGGUL (STUDI KASUS : SMAN 1 PANGGUL)

  • Sakti Abadi Manajemen Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • I Kadek Dwi Nuryana Jurusan Teknik Informatika, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Saat ini kebanyakan sekolah yang ada di Indonesia menerapkan sistem pembelajaran konvesional.Sistem pembelajaran konvesional adalah metode pembelajaran secara tatap muka yang masih efektif dalam kegiatan belajar mengajar. Tetapi metode ini memiliki beberapa kelemahan yaitu waktu yang terbatas, kurangnya diskusi dan evaluasi karena banyak waktu digunakan hanya untuk penyampaian materi. Belum lagi sekarang terjadi musibah pandemi Covid-19 yang mengakibatkan ditutupnya semua sarana yang ada dilapangan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi E-Learning pada SMAN 1 Panggul yang berguna bagi pihak sekolah dan sebagai alternatif pembelajaran tatap muka. Untuk pembangunan aplikasi akan menggunakan metode pengembangan software prototype yang memiliki tiga tahapan yaitu diskusi bersama klien, merancang dan membangun sistem aplikasi, trial and error (ujicoba). Untuk pengumpulan data akan dilakukan observasi pada lingkungan dan system yang sudah dimiliki oleh pihak sekolah sebelumnya, wawancara bersama pihak sekolah tentang bagaimana sistem yang diinginkan, dan penelitian kepustakaan terhadap sistem aplikasi yang sudah ada. Hasilnya diperoleh aplikasi E-Learning akan memiliki 3 peran yaitu admin, pengajar dan siswa. Admin bertugas untuk mengurus data semester, kelas, mata pelajaran, guru dan siswa. Guru akan bertugas untuk penyampaian materi dan pemberian tugas kepada siswa. Siswa bertugas mempelajari materi  dan menyelesaikan tugas yang sudah diberikan oleh guru.

 

Kata Kunci: Aplikasi, E-Learning, SMAN 1 Panggul, Prototype

Published
2021-06-30
Section
Article
Abstract View: 65
pdf Download: 22