SISTEM INFORMASI PEMESANAN BAHAN KARBON BERBASIS WEB

  • I Putu Mahardika Setyadana Manajemen Informatika, Universitas Neger Surabaya
  • I Kadek Dwi Nuryana Jurusan Teknik Informatika, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada zaman sekarang ini tentu bukanlah suatu hal yang asing mendengar kata revolusi industry 4.0, dimana sebuah tren positif menuju otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi dan proses manufaktur yang mencakup sistem cyber-fisik (CPS), internet hal (IoT), internet industri hal (IIOT), komputasi awan, komputasi kognitif dan kecerdasan buatan. Dimana menuntut semua orang agar bisa memahami baik mengikuti teknologi, terutama terkhususnya peniliti sendiri yaitu seorang mahasiswa. Bisnis tentu dalam hal apapun semua tidak lepas dari bisnis jual beli. Baik bisnis berupa konvesional jual beli dipasar contohnya, maupun jual beli secara online. Tentu di zaman 4.0 ini bukan lah hal yang asing apabila penjual menjual barangnya tanpa perlu repot hanya menggunakan smartphone. Pembeli juga dapat membeli barang dengan mudah memilih barang dan mencari info barang yang akan dibeli. Pada jaman sekarang untuk mendapatkan konsumen, perusahaan diwajibkan untuk dapat menyediakan pelayanan yang optimal yaitu dengan didorong pemanfaatan tekbologi informasi. Salah satu contohnya adalah penggunaan sistem informasi penjualan agar usaha yang dilakukan dapat lebih produktif. Cahaya rezeki merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang otomotif di Kota Surabaya yang melayani pemesaman bahan karbon untuk bagian interior mobil, eksterior mobil, body motor, dll. Penjualan dan promosiĀ  Cahaya rezeki saat ini masih menggunakan facebook, Instagram, whatsapp. Maka hal tersebut dinalai masih kurang efektif dan efesien dimasa pandemi. Masalah tersebut mendapatkan solusi dengan cara mengembangkan promosi dan penjualan Online berbasis Website. Tujuan dibuatnya website adalah untuk mempermudah konsumen melakukan pemesanan dan melihat cara pemasangan tanpa harus datang ke lokasi toko, menggunakan system website juga menjadi media promosi usaha untuk menarik konsumen dengan jangkauan yang lebih luas. Hasil yang diharapkan setelah dibuatnya website adalah konsumen mudah mengakses informasi dan melakukan pemesanan serta memberi peluang perusahaan untuk melakukan ekspansi pemasaran yang lebih luas. Web penjualan dan pembelian yang peniliti bangun dibuat untuk mempermudah pembeli dalam mencari bahan karbon dengan harga bersaing dan sesuai keinginan. Metodologi pengembangan sistem yang peniliti bangun menggunakan metode pengembangan system Scrum. Adapun langkah-langkah yang dilakukan pada penilitian ini berdasarkan metodologi Scrum yaitu diantaranya: (1) backlogrefinement, (2) sprintplanning, (3) dailymeeting, (4)reviews, dan (5) sprintretrospective (Sauda, 2019). Dalam tahap ini peneliti menggunakan framework Laravel sebagai media website. Bahasa yang digunakan dalam perangacangan penelitian ini berupa PHP, Javasript dan untuk database menggunakan MySQL.

Kata Kunci: Website, Penjualan Karbon, Scrum

Published
2021-11-30
Abstract Views: 144
PDF Downloads: 125