ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA GO-PAY SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN PADA MARKETPLACE MENGGUNAKAN METODE TAM

  • Fajrian Khairuman Septa Afani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Teknologi finansial khususnya dalam bidang sistem pembayaran kini sudah berkembang kian pesat dengan dukungan dari segala aspek seperti perkembangan teknologi, peningkatan volume dan nilai transaksi, serta meningkatnya risiko. Dengan berkembangnya teknologi mobile payment, saat ini banyak muncul e-wallet atau dompet digital yang digunakan untuk menyimpan e-money. LinkAja, DANA OVO, dan Go-Pay adalah beberapa contoh e-wallet terlaris penggunanya di Indonesia. Dalam penggunaan Go-Pay di beberapa marketplace tentu akan menimbulkan suatu masalah baru apakah metode pembayaran Go-Pay di marketplace lain mendapat kepercayaan yang memuaskan dari pengguna. Maka perlu dilakukanlah penelitian ini untuk mengukur tingkat penerimaan masyarakat terhadap metode pembayaran Go-Pay di marketplace dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi secara signifikan antar variabel. Penelitian ini mengenai analisisgpenerimaan penggunarGo-Pay sebagaidmedia pembayaran padammarketplace menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model). Penelitian ini menganalisis sistem berdasarkan, Persepsi Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease of Use), Persepsi Kemudahan Kebermanfaatan (Perceived Usefulness), Intensitas Perilaku (Behavioral Intention), Sikap Terhadap Penggunaan (Attitude Toward Using), dan Penggunaan Sesungguhnya (Actual Use). Dalam penelitian ini, kuesioner digunakan sebagai instrument penelitian. Responden yang digunakan sejumlah 400 responden, hal ini didapatkan dari perhitungan Rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner melalui sosial media ditujukan kepada masyarakat umum yang menggunakan sistem pembayaran Go-Pay pada marketplace dengan berbagaimkriteria. Teknik analisisddata yang digunakanspada penelitian inivyaitu Structural Equation Modelling (SEM). Berdasarkan hasil ipenelitian menunjukkan dari 5 hipotesis dari model TAM dapat disimpulkan  hasil hipotesis yang berpengaruh paling signifikan yaitu Behavioral Intention terhadap Actual Use, sedangkan hipotesis lainnya yang juga berpengaruh secara signifikan seperti Perceived Ease of Use terhadap Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use terhadap Attitude Toward Using, Perceived Usefulness terhadap Attitude Toward Using, Attitude Toward Using terhadap Behavioral Intention.

 Kata Kunci : Penerimaan Pengguna, TAM, SEM, Go-Pay

Published
2022-06-08
Abstract Views: 63