PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BUKET BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT)

(Studi Kasus: Toko Rhyuu.Bouquet Kota Ponorogo)

  • Aliza Husna Izzati Manajemen Informatika, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Dodik Arwin Dermawan Manajemen Informatika, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak—Toko buket Rhyuu merupakan bisnis yang menyediakan berbagai macam produk buket yang terletak di Kota Ponorogo. Namun, saat ini proses pemesanan buket masih dilakukan dengan datang langsung ke toko dan proses pengelolaan data penjualan masih menggunakan pembukuan sehingga beresiko terjadi kesalahan dalam pencatatan. Proses bisnis yang kurang efektif membuat toko Rhyuu.Bouquet membutuhkan strategi bisnis yang lebih inovatif untuk dapat bersaing dengan bisnis lainnya. Oleh karena itu, pada penelitian ini perlu dikembangkan sistem informasi penjualan buket berbasis web dengan menerapkan metode Customer Relationship Management (CRM) yang bertujuan untuk menciptakan pelayanan yang optimal sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini, pengembangkan sistem menggunakan Metodologi Rapid Application Development, bahasa pemrograman PHP, dan MySQL. Pengujian sistem menggunakan metode blackbox memperoleh hasil 100% valid. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem berhasil berjalan dengan baik secara fungsional sehingga dapat mengoptimalkan pelayanan yang terdapat pada Toko Rhyuu.Bouquet.. 

 

Kata kunci—Sistem Informasi Penjualan, Customer Relationship Management, RAD, Blackbox Testing, Website

Published
2023-07-31
Section
Article
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 275