KLASIFIKASI KEPUASAN SISWA TERHADAP KINERJA TENTOR PENGAJAR DI CV. IBSI EDUTAMA MENGGUNAKAN ALGORITMA C5.0

  • Amalia Fandaning Tyas Manajemen Informatika, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Iwan Nurhidayat Manajemen Informatika, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

CV Ibsi Edutama ini adalah sebuah Lembaga bimbingan belajar yang terletak di Surabaya. Dalam melakukan proses pembelajaran, perusahaan ini menggunakan tentor atau pengajar sebagai Pendidik bagi para siswa. Mengukur kepuasan siswa akan sangat membantu CV. Ibsi Edutama dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang ada untuk meningkatkan jumlah siswa. Tentor yang berpengalaman dan berkompeten dalam kemampuannya dalam bidang tersebut tentu mudah dalam menyampaikan materi kepada para siswa/siswi dengan lancar. Tidak semua kinerja tentor di CV. Ibsi Edutama berkinerja dengan baik, terkadang ada beberapa tentor yang memiliki kualitas belajar mengajar yang buruk. . Oleh karena itu, untuk mendapatkan tentor yang berkualitas, pihak CV. Ibsi Edutama tentu saja melakukan evaluasi terhadap setiap tentor yang mengajar di CV. Ibsi Edutama. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa Algoritma Decission tree C5.0 dapat mengklasifikasikan tingkat kepuasan siswa dengan akurasi yang tinggi, mencapai 90%.

Kata kunci— Algoritma C5.0, Decision Tree, Klasifikasi, Kepuasan

Published
2023-07-31
Section
Article
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 60