IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS WEB DI KLINIK Dr. Anita

  • Hemylia Awanda Nur Janah Manajemen Informatika, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Salamun Rohman Nudin Manajemen Informatika, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Klinik Rawat Pratama Rawat Inap “Dokter Anita” merupakan fasilitas kesehatan (faskes) yang didedikasikan kepada masyarakat sekitar dengan keluhan terhadap kondisi kesehatan. Saat ini pihak klinik terdapat kendala dalam mengelola data dan penyebaran informasi yang masih menggunakan cara manual. Oleh karena itu perlu dikembangkan sistem informasi klinik berbasis web dengan tujuan untuk dapat menerapkan sebuah Customer Relationship Management (CRM) yang dapat membantu pelayanan menjadi optimal terutama pada saat mengakses informasi klinik, pengelolaan data, pendaftaran kunjungan, dan penyampaian kritik & saran, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien. Dalam penelitian pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan Metodologi Prototyping, bahasa pemrograman PHP dengan kerangka kerja laravel dan basis data MySQL. Serta pengujian menggunakan blackbox dan UAT dengan hasil menunjukkan presentase 100% valid. Data pengujian tersebut menunjukkan bahwa sistem telah siap untuk digunakan dalam mengoptimalkan pelayanan di klinik Dr. Anita.

 

Kata Kunci— Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan, CRM (Customer Relationship Management), Metodologi Prototyping, Klinik, framework laravel

Published
2023-07-31
Section
Article
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 61