AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA DIGITAL MARKETING PADA KEMASAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING

  • Panji Adhipramana Sariyono Teknik Informatika, Fakultas Teknik
  • Paramitha Nerisafitra Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Abstract

Pemasaran digital telah mengemuka sebagai kunci sukses dalam penjualan produk atau jasa, dengan teknologi Augmented reality (AR) dan situs web menjadi semakin populer. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji aplikasi AR sebagai media digital marketing pada kemasan produk Sakinah Mart
menggunakan metode Marker Based Tracking. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pengembangan dengan pendekatan model Waterfall dari Systems Development Life Cycle (SDLC). Hasil implementasi membawa pengalaman konsumen ke tingkat baru dengan dukungan teknologi Cloud Recognition Vuforia. Integrasi ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan digital, tetapi juga menyediakan platform ekstensif melalui website untuk menjelajahi informasi produk lebih lanjut.


Kata Kunci — Digital Marketing, Augmented reality, Kemasan Produk, Marker Base Tracking, Cloud Recognition, Vuforia.

Published
2024-05-27
Section
Article
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 8