Penerapan Customer Relationship Manegement (CRM) Melalui Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

  • Dita Aulia Oktavian Manajemen Informatika, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Dodik Arwin Dermawan Manajemen Informatika, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Toko souvenir Esther Craft merupakan bisnis yang menjual berbagai macam produk untuk acara pernikahan seperti, mahar, ringbox, souvenir, dan bahan-bahan craft. Namun, saat ini proses pemesanan masih dilakukan dengan datang langsung ke toko dan terdapat kendala dalam mengelola data dikarenakan masih menggunakan cara manual. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sistem informasi penjualan berbasis web yang bertujuan untuk penerapan sebuah Customer Relationship Management (CRM) yang dapat membantu pelayanan lebih optimal terutama saat pengelolaan data, akses informasi produk, dan penyampaian kritik dan saran sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini, pengembangan sistem dilakukan menggunakan metodologi Rapid Application Development, bahasa pemrograman PHP, Laravel, dan MySQL. Pengujian sistem menggunakan blackbox testing. Hasil dari pengujian ini diharapkan sistem dapat berjalan dengan baik secara fungsional dan siap untuk digunakan dalam mengoptimalkan pelayanan pada Toko Esther Craft.

Kata kunci— Sistem Informasi Penjualan, Customer Relationship Management, RAD, Toko Souvenir, Laravel

Published
2024-05-27
Section
Article
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 3